Workplace RouterOS | #RouterOS1 | Mukti911

A. Pendahuluan

Nah mungkin banyak dari kalian yang tidak mengerti fungsi dari masing masing bentuk workplace dari masing masing service setting routeros. Nah berikut adalah bentuk Workplace dari ROuterOS.

B. Latar Belakang
Karena beberapa orang masih belum mengeri fungsi dari masing masing workplace.

C. Maksud dan Tujuan
Agar dapat mengetahui dan memanfaatkan beberapa fitur dimasing masing workplace.

D. Alat & Bahan

  • RouterOS di VirtualBox / Routerboad + Kabel UTP
  • Seperangkat PC

D. Waktu Pelaksanaan

  • 15 Menit

D. Pembahasan

Setelah kalian menginstal perangkat lunak RouterOS, atau menyalakan Router untuk pertama kalinya, ada berbagai cara untuk menyambungkannya.
  • Mengakses Command Line Interface (CLI) melalui Telnet, SSH, kabel serial atau bahkan keyboard dan monitor jika router Anda memiliki kartu VGA.
  • Mengakses GUI berbasis Web (WebFig)
  • Menggunakan utilitas konfigurasi WinBox (aplikasi Windows, yang kompatibel dengan Wine)

Setiap router adalah pabrik yang telah dikonfigurasi sebelumnya dengan alamat IP 192.168.88.1/24 pada port ether1. Nama pengguna default adalah admin tanpa kata sandi. Setelah kalian masuk untuk pertama kalinya, harap buat pengguna baru dengan kata sandi dalam grup “penuh”, masuk kembali dan hapus pengguna admin default. Kami sangat menyarankan Anda untuk mengikuti panduan umum artikel Mengamankan router kalian untuk melindungi perangkat dari akses yang tidak sah.
Konfigurasi tambahan dapat diatur tergantung pada model RouterBOARD. Kebanyakan model memiliki ether1 yang dikonfigurasikan sebagai port WAN dan komunikasi dengan router melalui port tersebut tidak dimungkinkan, karena firewall harus dilindungi dari akses luar.


WinBox

Winbox adalah utilitas konfigurasi yang dapat terhubung ke router melalui protokol MAC atau IP. Versi winbox terbaru dapat diunduh dari halaman unduh MikroTik. Jalankan utilitas Winbox, lalu klik tombol […] dan lihat apakah Winbox menemukan Router Anda dan alamat MAC-nya. Penemuan tetangga Winbox akan menemukan semua router di jaringan siaran. Jika Anda melihat router pada daftar, sambungkan ke sana dengan mengklik alamat MAC dan menekan tombol Connect.
WebFig adalah utilitas RouterOS berbasis web yang memungkinkan Anda untuk memantau, mengkonfigurasi dan memecahkan masalah router. Ini dirancang sebagai alternatif WinBox, keduanya memiliki tata letak yang mirip dan keduanya memiliki akses ke hampir semua fitur dari RouterOS.

WebFig
WebFig dapat diakses langsung dari router yang berarti bahwa tidak perlu menginstal perangkat lunak tambahan (kecuali browser web dengan dukungan JavaScript, tentu saja).
Karena Webfig adalah platform independen, ia dapat digunakan untuk mengonfigurasi router secara langsung dari berbagai perangkat seluler tanpa perlu perangkat lunak yang dikembangkan untuk platform tertentu.

Beberapa tugas yang dapat Anda lakukan dengan WebFig:
Konfigurasi – lihat dan edit konfigurasi saat ini;Pemantauan – menampilkan status terkini dari router, informasi routing, statistik antarmuka, log dan banyak lagi;Pemecahan masalah – RouterOS telah dibangun di banyak alat pemecahan masalah (seperti ping, traceroute, packet sniffer, penghasil lalu lintas, dan banyak lainnya) dan semuanya dapat digunakan dengan WebFig.


E. Hasil Yang Didapat

  • Mengetahui jenis pengaksesan Mikrotik

 E. Kesimpulan
Metode akses mikrotik ada banyak sesakali dan dapat dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya.

F. Referensi


Posted

in

, , , , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *