Virtualisasi Server ? Apakah itu ? | #What | Mukti911


A. Pendahuluan

Mungkin istilah virtualisasi server masih belum terlalu dipahami oleh masyarakat awam. Apa itu virtualisasi server? Virtualisasi server merupakan salah satu solusi yang dianggap sangat berguna bagi sebagian besar orang. Sebenarnya inti dari virtualisasi adalah membuat sebuah simulasi dari perangkat keras, jaringan, sistem operasi, maupun lainnya. Pada bidang teknologi informasi, virtualisasi dipakai sebagai sarana untuk improvisasi skalabilitas dari perangkat keras yang ada.


B. Latar Belakang
Karena untuk penghematan resource dan efisiensi pembuatan server sangatlah diperlukan.

C. Maksud & Tujuan
Agar mengetahui maksud dan tujuan diadakannya Virtualisasi tujuannya untuk apa saja sebenarnya.

D. Pembahasan

Beberapa sistem operasi bisa berjalan secara bersamaan pada sebuah komputer karena virtualisasi. Tentu saja hal ini bisa mengurangi banyak biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah perusahaan. Diperkirakan di masa mendatang teknologi virtualisasi akan banyak dipakai oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi maupun bidang lainnya yang juga memakai teknologi informasi sebagai sarana untuk memajukan perusahaan tersebut.


Virtualisasi bisa diartikan sebagai pembuatan suatu bentuk atau versi virtual dari sesuatu yang bersifat fisik, misalnya sistem operasi,  perangkat storage/penyimpanan data atau sumber daya jaringan.
Virtualisasi server menggunakan Hypervisor yang digunakan  untuk membagi resource server fisik kedalam banyak Virtual environment atau yang sering disebut Virtual Private Server (VPS),Guests,Instance,Container atau Emulation.
Teknologi Virtualisasi, sangat dibutuhkan dan untuk mendukungnya membutuhkan CPU yang mendukung pula. Dalam teknologi virtualisasi sebuah server dipecah kedalam virtual environment , dan setiap virtual environment dapat diinstall sistem operasi yang berbeda dari sistem operasi server fisik atau sistem operasi dari virtual environment lain nya. Ketiaka Virtual environment berjalan dia tidak tau tentang resource yang digunakan sehingga dalam teknologi virtualisasi diperlukan sebuah Hypervisor yang mengkoordinasi komunikasi dan instruksi antara virtual environment dengan resource fisik / psical resource. Hypervisor inilah yang dipegang oleh administrator dari sebuah server yang mengimplementasikan teknologi virtualisasi untuk mengatur virtual environment.

Performance Virtual Server
Menggunakan teknologi virtualisasi pada server akan mempunyai performa yang tidak jauh berbeda dengan diinstall langsung pada server fisik (99%) dengan catatan virtual environment(VE) tidak mengalami bottle neck yang menyebabkan performa VE jelek. Analisa kebutuhan spek dan type hardware sangat mempengaruhi kompatibilitas dari performa virtual environment yang akan dibangun.

Penggunaan virtual server harus sebelumnya dilakukan analisa kebutuhan resource berdasar beban yang akan dikerjakan oleh server, karena virtual server mempunyai batasan performa dan masalah teknis lain  jika ingin digunakan dalam server dengan beban /komptasi yang komplex.Dengan kata lain jika kamu mempunyai server fisik dengan kapasitas besar, dan kamu ingin membuat misalnya “cloud server” untuk internal perusahaan yang memerlukan resource yang sedikit maka baiknya dibuat virtualisasi agar server fisik bisa dimanfaat kan secara optimal untuk kebutuhan server lain dengan membagi server fisik kedalam beberapa virtual environment.

Virtualisasi Server Adalah penggunaan teknologi virtualisasi dengan tujuan untuk memecah resource fisik server kedalam beberapa  Virtual server yang nantinya akan diinstall berbagai macam sistem operasi sesuai kebutuhan atau bisa juga virtual server ini dijual /disewakan oleh pihak hosting . Kita sering mendengarnya dengan istilah VPS(Virtual Private Server) hosting.


E. Kesimpulan
Jadi Virtualisasi Server adalah memfungksikan server semaksimal mungkin dengan cara memecah resource fisik kedalam beberapa virualserver yang nantinya akan diinstall sistem operasi.

F. Referensi


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *