Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Admin Server

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Admin Server

Tahukah anda bagaimana tugas dan tanggung jawab seorang admin server ? Jika dilihat hingga sekarang, Pekerjaan sebagai seorang Admin server sepertinya sangat diinginkan oleh kalangan warga dunia IT khususnya teman teman dari lulusan TKJ. Maka dari itu, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab seorang admin server didalam pekerjaannya.

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Server

Berprofesi sebagai admin server ialah sebuah profesi yang menantang, tak cuma bertanggung jawab untuk membuat server, admin server dituntut untuk merawat server, sehingga dapat hidup dan berkembang seterusnya sesuai keperluan.
Admin server memiliki bermacam-macam tugas dan peranan penting di dalam pengelolaan jaringan. Tugas admin server, berbeda di antara perusahaan satu dengan yang lainya. Tugas utamanya, yakni membangun, mengelola server, dan memperbaiki server.
Admin server berprofesi sebaik mungkin agar server berjalan dengan lancar, menjalankan perbaikian terstruktur , menentukan keamanan server, juga membantu pekerja lainnya untuk menjaga kondisi server konsisten maksimal.
Tak cuma berurusan dengan mesin, admin server juga berkomunikasi dengan pekerja lainya, supervisor, sampai pekerja teknik. Melaksanakan pemecahan problem yang sedang terjadi, juga memberikian pelayanan pelanggan. Sehingga admin server juga patut dapat memberi penjelasan berjenis-jenis hal teknis terhadap orang umum.
Selain menjaga yang telah ada, admin server juga sepatutnya menambahkan software atau melaksanakan update untuk terus agar server dapat bekerja dengan baik. Menambahkan pengguna, melaksanakan pembaharuan kata sandi, melaksanakan backup rutin, mengadaptasi teknologi baru, dan melaksanakan konfigurasi sesuai situasi.

Rutinitas seorang admin server

Bila situasi normal, maka ada rutinitas khusus di perusahaan seputar apa yang patut dijalankan admin server.
  1. Mendatangi server, memperhatikan aktifitas log, apakah ada yang mencurigakan.
  2. Bila ada kecurigaan, karenanya dijalankan troubleshooting.
  3. Mengecek software yang diterapkan, apakah ada update.
  4. Bila ada update, lakukan backup terutamanya dulu, baru lakukan update.
  5. Melakukan integrasi dengan teknologi baru sekiranya ada, dan melaksanakan konfigurasi untuk menyesuaikan situasi perusahaan.
  6. Membatasi pengguna, menambah pengguna baru atau menghapus pengguna lama.
Cara kerja admin server, yang lazimnya dijalankan di tiap-tiap harinya. Ingat, bahwa admin server tak cuma berprofesi sendirian.

Kesimpulan

Admin server mesti dapat menyesuaikan situasi, melihat kesanggupan server dalam kinerjannya dan mengoptimalkanya. Melaksanakan pembetulan, mencari problem dengan server untuk membuatnya lebih bagus, melaksanakan perbaruan software dan mengkonfigurasi ulang untuk server.
Admin server tak cuma berprofesi sebagai petugas yang berkaitan dengan mesin, melainkan juga mesti dapat berprofesi sama dengan pekerja lainya, supervisor, atau malahan pekerja non teknis, atau pelanggan yang memerlukan layanan.
Demikian Artikel – Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Admin Server  Semoga artikel kali ini bermanfaat tunggu artikel ku berikut nya jika ingin bertanya tentang artikel diatas atau pun request artikel silahkan komen dibawah atau langsung email ke email saya iki.mukti@gmail.com. Terima kasih…

Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *