Python Again > Apa itu Python ? | #Part1 |Mukti911

A. Pendahuluan

Nah kali ini aku kan membahas tentang Python, tapi mungkin kalian binggung apa itu Python. Nah Python ini bukan yang ular itu tapi ini bahasa pemrograman. Mungkin dari kalian banyak yang bertanya tanya. 


B. Latar Belakang
Karena Python adalah bahasa pemrograman yang populer saat ini yang code programnya samgat simple sekali.

C. Maksud & Tujuan
Agar dapat memahami dan mengimplementasian kode python untuk pembuatan aplikasi nantinya.

D. Pembahasan

Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diracik oleh Guido van Rossum. Python banyak digunakan untuk membuat berbagai macam program, seperti: program CLI, Program GUI (desktop), Aplikasi Mobile, Web, IoT, Game, Program untuk Hacking, dsb. Python juga dikenal dengan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, karena struktur sintaknya rapi dan mudah dipahami. (Python bagus untuk pemula yang belum pernah coding)


Nah yang membuat Python banyak disukai ya karena ython memang sangat sederhana dibandingkan bahasa yang lainnya. Tidak perlu ini dan itu untuk membuat program. Bahkan tagline di websitenya menjelaskan, kalau python akan membuatmu bekerja lebih cepat dan efektif.

Jadi kenapa kita harus belajar Python ya kerena Python adalah bahasa pemrograman yang trbaik untuk orang awam sekalipun. Persiapan Alat untuk Belajar Pemrograman Python Apa saja alat-alat yang harus dipersiapkan untuk belajar pemrograman python? Python: Interpreter yang menerjemahkan bahasa python ke bahasa mesin, sehingga program bisa dijalankan. Teks Editor/IDE: Program yang digunakan untuk menulis kode. Bagaiaman cara install Python? Bagi pengguna Linux, Python tidak perlu diinstal. Karena Sebagian besar distro Linux sudah menyediakannya secara default. Untuk mengeceknya, silahkan ketik perintah python –version di terminal.
Mengenal Mode Interaktif Python, Mode interaktif merupakan fasilitas/fitur yang disediakan oleh Python sebagai tempat menulis kode secara interaktif. Fitur ini dikenal juga dengan Shell, Console, REPL (Read–Eval–Print Loop), interpreter, dsb. Cara membuka mode interaktif adalah dengan mengetik perintah python pada terminal.
Tanda >>>, artinya python siap menerima perintah. `Terdapat juga tanda … yang berarti secondary prompt atau sub prompt, biasanya muncul saat membuat blok kode dan menulis perintah tunggal dalam beberapa baris. Mari kita coba memberikan perintah print, perintah ini berfungsi untuk mencetak teks ke layar. Cobalah tulis print “Hello World” kemudian tekan Enter.

mukti@911-X453MA:~$ python
Python 2.7.15rc1 (default, Apr 15 2018, 21:51:34)
[GCC 7.3.0] on linux2
Type “help”, “copyright”, “credits” or “license” for more information.
>>> print(“Hello, World”)
Hello, World
>>> 

Perintah yang kita tulis langsung dieksekusi dan ditampilkan hasilnya. Inilah mode interaktif, setiap kode atau perintah yang diketik akan direspon langsung oleh python. Kita bisa memanfaatkan mode interaktif ini untuk: Uji coba suatu fungsi; Eksperimen modul tertentu; Kalkulator; Mencari bantuan tentang fungsi tertentu; dll. Hal yang perlu kita coba adalah mencari bantuan tentang fungsi tertentu, karena akan membantu sekali dalam mempelajari python.


E. Kesimpulan
Python adalah bahasa pemrograman yang sangat simple dan sangat rekomendasi sekali bagi orang yang masih awam di Coding.

F. Referensi


Posted

in

, ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *