PHP Again > Perulangan di PHP | #5 | Mukti911

A. Pendahuluan
Nah kali ini aku akan membuat tentang artikel perulangan di PHP. Mungkin dari kalian banyak yang sudah mengerti mengenai pe-input-an data. Nah dalam peng-input-an data tidak akan mungkin keluar dari kisi isi yang telh ditentukan. Nah maka dari itu aku akan menjelasakan bagaimana perulangan di PHP.

B. Latar Belakang
Karena biasannya data kan jika normalnya akan ditulis satu persatu tanpa danya perulangan. Nah dalam PHP perulangan dapat dilakukan.

C. Maksud & Tujuan
Agar dapat melakukan perulangan di PHP

D. Pembahasan
Nah kalian jika disuruh untuk menulis makan sejumlah seribu mungkin akan melelahkan. Karena itu, kitan harus mengunakan yang namanya perulangan di PHP. Pada PHP ada dua jenis perulangan dalan pemrograman :

  • Counted Loop
Dalam Counted Loop adalah perulangan yang memiliki batasan yang jelas dan banyak perulangannya.
  • Uncounted Loop
Uncounted Loop adalah perulangan yang batasannya tidak pasti berapa perulangan yang harus dilakukan.
Pada PHP, ada beberapa jenis perulangan yang bisa digunakan :
  • Perulangan For

Perulangan FOr adalah perulangan yang termasuk dalam perulangan yang pasti ( counted loop ), karena kita bisa menetukan jumlah perulangannya. Berikut ini adalah contoh dasar dari perulangan For :

<?php
   for ( $x = 0; $x < 100; $x++ ) {
       echo “Mukti 911”.$x;
   }
?>

Veriabel $x dalam perulangan For berfungsi sebagai counter yang menghitung berapa kali ia akan mengulang. Hitungan akan dimulai dari nol (0), karena kita memberikan nilai $i = 0. Lalu, perulangan akan diulang selama nilai $i lebih kecil dari 100. Artinya, perulangan ini akan mengulang sebanyak 100x. Maksud dari $x++ adalah nilai $x akan ditambah 1 disetiap kali melakukan perulangan.
  • Perulangan While

Perulangan while adalah perulangan yang dapat dikategorikan pada perulangan yang tidak pasti ( uncouned loop ). Karena biasanya digunakan untuk mengulang sesuatu yang belum jelas jumlah pengulanggan. Namun, perulangan while juga bisa digunakan seperti for sebagai counted loop. Bentuk dasarnya :

<?php
$x = 0;
while($x < 10){
    echo “<h1>Makan Bang !!!! – $x</h1>”;
    $x++;
}
?>

Perulangan while akan terus mengulang selama nilai $x lebih kecil dari 10. Lalu di dalam perulangan kita melakukan increment nilai $x dengan $x++. Artinya: Tambah 1 disetiap pengulangan. Hati-hati, jangan sampai lupa menambahkan increment, atau kode yang akan mempengaruhi pengulangan. Karena kalau tidak, pengulangannya tidak akan pernah berhenti dan akan membuat komputer kita hang.
  • Perulangan Do/While
Perulangan Do/While sama seperti perulangan while. Ia juga tergolong dalam uncounted loop. Perbedaan Do/While dengan while terletak pada cara iya memulai pengulangan. Perulangan Do/While akan selalu melakukan pengulangan sebanyak 1 kali, kemudian melakukan pengecekan kondisi. Sedangkan perulangan while akan mengecek kondisi terlebih dahulu, baru melakukan pengulangan. Bentuk perulangan Do/While:

<?php
$x = 10;
do {
    echo “<p>Mukti911 – $x</p>”;
    $x–;
} while ($x > 0);
?>

  • Perulangan Foreach

Perulangan foreach sama seperti perulangan for. Namun, ia lebih khusus digunakan untuk mecetak array.

<?php
$isi = [
    “MuktiEUE”,
    “Kediri”,
    “Lagi”,
    “EaEa”
];
echo “<h2>Ini :</h2>”;
echo “<ul>”;
foreach($isi as $keluar){
    echo “<li>$keluar</li>”;
}
echo “</ul>”;
?>

  • Perulangan Nested Loop

Perulangan bersarang adalah istilah untuk menyebut perulangan di dalam perulangan.

<?php
$i = 0;
while($i < 10){
    for($j = 0; $j < 10; $j++){
        echo “Bla Bla ($i, $j)<br>”;
    }
    $i++;
}
?>

E. Hasil yang didapat

  • Dapat melakukan perulangan di PHP.

F. Kesimpulan

Jadi dalam koding PHP juga dapat melakukan perulangan yang beragam jenis kalian dapat menerapkan nya untuk membuat website dinamis. Yang dimana isinya dapat berupa isi yang berulang.

G. Referensi


Posted

in

, , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *