Perkembangan Teknologi Informasi || PTI

Halo bolo bolo hari ini aku akan buat artikel mengenai salah satu mata kuliah yang ada di Jurusan Teknik Informatika. Oke langsung saja ini adalah materi Pengantar Teknologi Informasi. Disini saya menuliskan artikel ini berdasarkan pengalaman saya membaca banyak sekali refensi artikel artikel dan ebook. Mohon nantinya saat membaca artikel ini dapat membantu bolo bolo sekalian….
KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa mampu mengetahui perkembangan teknologi masa kini dan prospek masa depan dan mampu bersaing serta memanfaatkan perkembangan teknologi dalam berbagai bidang.
KONSEP MAP

MATERI YANG DIANGKAT
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi begitu pesat, sehingga memungkinkan hal ini dapat dijadikan cara cara baru yang dapat digunakan untuk membantu efisiensi dalam produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Sehingga membawa manusia dama Masyarakat Ekonomi Informasi. Masyarakat baru ini menjadikan dimana jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi faktor dalam hubungan antar manusia dengan manusia lainya, bahkan dengan lembaga usaha sekalipun. Sehingga jagad ini menjadi ” Global Village ” atau dusun semesta dimana sering kita sebut ” Distance is Dead ” atau jarak sudah mati dan ternyata makin lama hal ini semakin terbukti.
MATERI POKOK
Pendahuluan
Perkembangan Teknologi Informasi sampai dengan saat ini berkembang dengan pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam segala bidang. Salah satu bidang yang paling berkembang adalah bidang Informasi dan Komunikasi sehingga dengan perkembangan ini mampu mendukung perkembangan Teknologi Informasi. Perkembangan Teknologi Informasi malai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua ara ( interaktif ).
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses, mendapatkan, menyusun menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas,  menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi
yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini disokong dengan adanya seperangkat komputer yang terkubung dengan komputer lainya dengan infrastruktur jaringan sehingga data yang dihasilhan dapat didistribusikan dan dapat diakses secara global.
Peran yang diberikan aplikasi teknologi informasi sangat membantu dalam segala bidang, mulai dari kesehatan, rohani, hobi, bisnis, berita, dan pendidikan serta dapat menjadikan pribadi atau kelompok yang satu dengan yang lainya mengenal tanpa ada batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, edeologi atau faktor lainnya yang dapat menghabat.
Perkembangan Teknologi Informasi memicu adanya berbagai inovasi inovasi baru yang dapat mempengaruhi cara hidup seperti  sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Evolusi Ekonomi Global
Sebelum adanya Teknologi Informasi yang sudah berkembang pesat ini ekonomi dunia masih bersifat agraris salah satu ciri utamanya adalah tanah merupakan faktor yang paling dominan. Kemudian terjadinya Revolusi industri yang menemukan mesin uap, yang nantinya mengarah ke modal sebagai faktor produksi sebagai cirinya. Menjelang abad ini, manusia cenderung mengunakan pengetahuan ( knowledge based ) dan berfokus pada informasi ( information focused ). Dalam hal ini tentunya peran telekomunikasi dan informatika memegang peran sebagai teknologi kunci ( enabler technology ).
DAFTAR ISI
Untuk selanjutnya masih dalam seputar Pengantar Teknologi Informasi ( PTI ) saya akan membuat artikel yang nantinya fokus untuk memberikan wawasan mengenai Peran Teknologi Informasi secara lebih mendalam. Nantikan terus artikel dari saya terima kasih sudah membaca artikel saya hari ini silakan bagikan informasi ini ke yang lain agar dapat membantu saya…… Terimakasih juga saya sampaikan kepada artikel artikel dan E-Book terkait yang mungkin saya jadikan referensi untuk artikel kali ini….

Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *