Pengertian, Jenis-Jenis, dan Fungsi Komunikasi dalam jaringan ( daring )

Pengertian, Jenis-Jenis, dan Fungsi Komunikasi dalam jaringan ( daring )

Tahukah anda sekarang ini komunikasi dapat dilakukan dimana saja kapan saja dengan siapa saja? Jika dilihat hingga sekarang seperti yang terlihat ketika teman teman melihat artikel ini berarti kalian pastinya sudah pernah melakukan komunikasi. Maka dari itu, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui apasih itu komunikasi dan bagaimana metode penyampaiannya.

Pengertian Komunikasi dalam jaringan

Komunikasi virtual atau komunikasi online yaitu sistem berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dijalankan dengan via cyberspace atau lazim disebut dunia maya. Komunikasi virtual pada abad ini bisa ditemukan di mana saja serta kapan saja. Salah satu wujud komunikasi virtual yaitu pada pemakaian dunia maya. Internet adalah media komunikasi yang cukup tepat sasaran dan efisien dengan menyediakan layanan fasilitas seperti website, chatting ( Whatsapp, Telegram), dan surat elektronik, friendster, facebook dan twitter. Itu banyak fasilitas yang ditawarkan dalam dunia maya untuk melakukan komunikasi, dan keberadaannya kian membuat manusia ketergantung.
Ketergantungan hal yang demikian bisa di lihat pada maraknya penjualan hp dengan harga murah dan tawaran perlengkapan facilitas untuk mengakses dunia maya. Komunikasi virtual menjadikan manusia suka pola komunikasi yang memakai media ketimbang pola komunikai tradisional ialah tatap muka. Kesenangan akan komunikasi yang bermedia ini memunculkan suatu kelompok sosial baru yang disebut kelompok sosial virtual.

Istilah komunikasi Online

Istilah komunikasi online merujuk pada membaca, menulis, berbagi video kamera dan komunikasi melewati jaringan komputer.Ini mencakup Synchronous yakni komputer memediasi komunikasi lantas (dimana orang berkomunikasi secara real time melewati perangkat lunak chat atau pembicaraan, dengan segala peserta
komputer pada waktu yang sama). Asynchronous yaitu Komputer memediasi komunikasi secara tunda(dimana orang-orang berkomunikasi dalam mode tertunda oleh komputer, dengan menerapkan program e-mail, forum, dan membaca dan menulis dokumen online melewati World Wide Web).
Perkembangan pertama komunikasi online diawali pada tahun 1960-an, dikala peneliti Amerika mengoptimalkan protokol yang memungkinkan mengirim dan mendapatkan pesan lewat komputer ( tahun 1996 ).

Jenis-jenis komunikasi dalam jaringan

Komunikasi daring bisa dipisahkan menurut bentuk, ataupun cara penyampaiannya. Wujud-wujud komunikasi antara lain yaitu: Meski menurut cara penyampaiannya, komunikasi daring bisa dibagi menjadi 2, adalah:
  • Komunikasi Online ASynchronous
    Komunikasi Online tak langsung atau asynchronous yaitu Komputer memediasi komunikasi secara tunda dimana orang-orang berkomunikasi dalam mode tertunda oleh komputer. Teladan komunikasi online asynchronous yaitu: forum, e-mail dan membaca dan menulis dokumen online via WWW.
  • Komunikasi Online Synchronous
    Komunikasi Onlinesecara seketika atau synchronous ialah mediasi komputer untuk komunikasi yang terjadi dalam waktu berbarengan. Ini adalah contoh komunikasi Synchronous : Video Audio ( Video Chat / Video Call ) , Text Chat.

Fungsi Komunikasi Daring

fungsi dari komunikasi daring yaitu:
  • Informasi : komunikasi memberikan info yang dibutuhkan individu dan golongan untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data gunamengenai dan mengukur opsi-opsi lain.
  • Motivasi: komunikasi sangat membantu perkembangan motivasi dengan menerangkan terhadap para karyawan apa yang semestinya dikerjakan bagaimana mereka berprofesi bagus dan apa yang bisa dilaksanakan untuk membenarkan performa kalau itu di bawah standar.
  • Pengungkapan emosional : bagi banyak karyawan kategori kerja mereka yakni sumber utama untuk interaksi sosial, komunikasi yang terjadi didalam kategori itu yakni mekanisme fundamental dengan mana member-member menampilkan kekecewaan dan rasa puas mereka oleh sebab itu komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan pemenuhan keperluan sosial.
  • Kendali : komunikasi berperilaku untuk mengontrol prilaku member dalam sebagian metode, tiap-tiap organisasi memiliki wewenang dan garis acuan formal yang mesti dipatuhi oleh karyawan.

Kesimpulan

Komunikasi Daring merupakan pelaksanaan penyampaian pikiran atau gagasan dari seseorang ke orang lain yang dilaksanakan melewati dunia maya. Tipe-ragam daring menurut cara penyampaiannya antara lain:
  • Synchronous, kalau komunikasi terjadi dalam waktu berbarengan
  • ASynchronous, kalau komunikasi terjadi secara tertunda
Demikian Artikel –  Pengertian, Jenis-Jenis, dan Fungsi Komunikasi dalam jaringan ( daring ) Semoga artikel kali ini bermanfaat tunggu artikel ku berikut nya jika ingin bertanya tentang artikel diatas atau pun request artikel silahkan komen dibawah atau langsung email ke email saya iki.mukti@gmail.com. Terima kasih…

Posted

in

, , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *