Menu Statis di Admin Web OpenSID | #7 | Mukti911


A. Pendahuluan
Kali ini aku akan share bagaimana cara mengelolah menu statis dari admin web OpenSID.

B. Latar Belakang
Karena ada beberapa orang yang tidak dapat memanfaatkan menu statis pada saat mengunakan OpenSID.

C. Maksud dan Tujuan
Agar dapat mengelola Menu Statis di AdminWeb OpenSID.

D. Alat & Bahan

  • WebServer. Baca Sekarang
  • OpenSID. Baca Sekarang

E. Waktu Pelaksanaan

  • 20 Menit tergantung individu masing masing

F. Pembahasan

Pengelolaan Menu Statis, Pada kali ini aku akan menjelaskan apa fungsi dari Menu Statis yang ada Di OpenSID Seperti tampak di gambar berikut, menu statis adalah menu yang ditampilkan di bagian atas penampilan laman web. Masing-masing menu bisa berisi sub menu. Menu statis biasanya dipergunakan untuk menampilkan artikel yang bersifat statis, yang isinya jarang berubah, yang bukan bersifat informasi sesaat.
Itu adalah menu statis default dari OpenSID. Cara mengubahnya dengan cara masuk ke Siteman lalu login sebaai admin lalu pergi ke halaman Menu Statis, di modul Administrasi, klik Admin Web > Menu. Akan tampak halaman seperti gambar berikut. 

Lalu untuk melihat isi dari Menu Stati,  pilih Menu Statis seperti tampak pada gambar berikut :

Menambahkan Menu Baru, Untuk menambahkan menu baru, klik tambah menu baru lalu isi nama menu dan pilih link yang akan terhubung dengan menu tersebut seperti gambar berikut.

Note : Menu Statis hanya dapat dibuat 5 menu tapi sub menunya bisa tetap banyak. 

Di OpenSID terdapat sub menu statis dan cara untuk menampilkan sub menu Untuk menampilkan sub menu dari suatu menu utama, klik tombol Rincian pada menu itu, seperti tampak di gambar berikut. 
Di OpenSID ada beberapa hal yang penting yaitu CRUD, dimana jika di sub menu digunakan untuk Menambah sub menu, mengubah data, hapus data dan menon-aktifkan menu

  • Untuk menambah sub menu, klik tanda + pada menu yang sudah dibuat.
  • Untuk mengubah data, klik tanda pensil pada menu.
  • Untuk hapus data, klik tanda tong sampah pada menu.
  • Untuk menon-aktifkan, klik tanda gembok pada menu. Tampak seperti gambar berikut.

Selah mengetahui hal hal yang penting berikut ini adalah cara untuk menambahkan sub menu statis. Ketika di ketikan “keyword judul artikel” link yang akan di tuju, tampak seperti gambar di bawah.

Maka “sub menu artikel statis ” yang akan muncul hanya artikel yang berada di halaman statis seperti gambar di bawah ini. Maka Halaman Artikel Statis dapat dibuat :

Mungkin dari kalian ada yang mau mengubah  urutan menu Urutan menu menentukan urutan penampilan menu di modul web. Urutan ini dapat diubah. Seperti tampak pada gambar berikut Untuk menaikkan menu pada urutan, klik tanda panah ke atas. Untuk menurunkan menu pada urutan, klik tanda panah ke bawah. Nah Jadi urutan Menu Statis dapat diubah pula. Proses untuk mengubah urutan sub menu sama seperti yang dijelaskan di atas.

Setelah membuat beberapa menu statis kali ini aku akan menjelaskan bagaimana cara untuk membuat halaman statis Membuat Artikel Statis. Untuk mmebuat halaman statis Untuk pergi ke halaman Artikel Statis, di halaman home_desa, klik Admin Web > Artikel. Akan tampak halam
an seperti gambar berikut. Selanjutnya, untuk membuat artikel statis klik _Halaman Statis > klik Tambahkan Artikel Statis Baru, seperti pada gambar berikut. Setelah form artikel statis terbuka, isi judul artikel, isi artikel dan klik simpan. Tampak seperti gambar berikut. Untuk keterangan lebih lanjut penulisan artikel, silakan lihat Menulis Artikel.

G. Hasil Yang Didapat

  • Dapat memngatur menu dan halaman statis di OpenSID.

H. Kesimpulan
Jadi jika kalian ingin membuat halaman statis pastikan dulu apakah sudah meniliki menu statis jika sudah lanjutkan untuk membuat halaman statis. lalu pada menu statis juha memiliki sub menus statis.

I. Referensi


Posted

in

, , , , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *