Mengenal Lubuntu | Mukti911

A. Pengertian

    Lubuntu adalah sistem operasi Flavour Ubuntu yang lebih ringan, lebih sedikit resource dan lebih hemat daya dengan menggunakan aplikasi ringan dan LXDE, sebagai default GUI-nya.

B. Latar Belakang

    Baru baru ini teman saya minta rekomendasi Sistem Operasi yang ringan, jadi saya merekomendasikan Lubuntu ke teman saya.

C. Maksud dan Tujuan

    Agar lebih memahami tentang Lubuntu

D. Pembahasan

  
   Lubuntu adalah sistem operasi yang ditargetkan pada pengguna PC dan laptop yang menjalankan perangkat keras berspesifikasi rendah .Tim pengembang  LXDE dan paket lain yang merupakan bagian dari Lubuntu. Lubuntu menerima pengakuan resmi sebagai anggota resmi dari keluarga Ubuntu, dimulai dengan Lubuntu 11.10. Meskipun Lubuntu adalah distribusi yang ringan, itu tidak berarti Anda tidak akan dapat menjalankan semua aplikasi yang distribusikan saat ini. Itu berarti bahwa itu dipersiapkan dan dikembangkan untuk komputer dengan spesifikasi rendah. Meskipun demikian, Kalian dapat menjalankan aplikasi apa pun yang tersedia di repositori resmi, asalkan perangkat keras kalian dapat menahannya.
   Nama Lubuntu adalah pengabungan dari LXDE dan Ubuntu. LXDE adalah singkatan dari Lingkungan Desktop X11 Environment,sementara kata Ubuntu berarti “kemanusiaan terhadap orang lain” dalam bahasa Zulu dan Xhosa.
    Dalam beberapa pengujian menunjukkan bahwa Lubuntu dapat menggunakan setengah sebanyak RAM sebagai Xubuntu, menjadikannya pilihan yang menarik untuk menginstal pada perangkat keras yang lebih tua. Lubuntu dapat diinstal pada sistem Pentium II atau Celeron dengan RAM 128 MB, tetapi sistem seperti itu tidak akan berfungsi cukup baik untuk penggunaan sehari-harinya. Namun jika dengan 256MB – 384MB RAM, kinerjanya akan lebih baik dan sistem akan lebih bermanfaat. tapi jika dengan RAM 512MB, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Karena aplikasi aplikasi yang anda install dapat berjalan dengan maksimal.

   Desktop LXDE pertama kali tersedia untuk Ubuntu pada Oktober 2008, dengan rilis Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex. Versi awal dari Lubuntu, termasuk 8.10, 9.04 dan 9.10, tidak tersedia sebagai pengunduhan ISO image terpisah, dan hanya dapat diinstal pada Ubuntu sebagai paket lubuntu-desktop terpisah dari repositori Ubuntu. Pada  februari 2009, Mark Shuttleworth mengundang pihak LXDE menjadi proyek yang dikelola Ubuntu, dengan tujuan untuk Lubuntu yang akan diresmikannya Lubuntu sebagai turunan Ubuntu. Pada maret 2009 Launchpad oleh Mario Behling membentuk layanan wiki untuk Ubuntu resmi. Hingga saat ini Lubuntu masih dikembangkan, versi Lubuntu yang akan rilis adalah Lubuntu Cosmic yang akan dirilis  2019 mendatang.

E. Kesimpulan

     Lubuntu adalah flavour Ubuntu yang cocok untuk digunakan pada perangkat dengan spesifikasi rendah.

F. Referensi
    https://en.wikipedia.org/wiki/Lubuntu
    https://wiki.ubuntu.com/Lubuntu


Posted

in

, ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *