LAMPP atau XAMPP


A. Pendahuluan

Mungkin banyak dari kalian yang sudah tahu mengenai web. Namun beberapa orang belum tahu dimana tempat simpannya sebuah halaman web. Halaman web disimpan dalam sebuah peragnkat server yaitu web server. Ada beberapa aplikasi web server yang mungkin pernah kalian gunakan. Contohnya saja produk dari Bitnami yaitu XAMPP dan LAMP. Namun terkadang tanpa disadari kita sering lupa atau bahkan tidak tau Apa sih XAMPP dan LAMP itu ? Darimana sih asal-usul XAMPP dan LAMP itu ? dan Apa sih yang bisa dilakukan dengan XAMPP dan LAMP?. 

B. Latar Belakang

Karena XAMPP dan LAMPP adalah Aplikasi Web Server yang paling populer. 

C. Maksud dan Tujuan

Agar dapat menggunakan web server sesuai kebutuhan yang di inginkan. 

D. Pembahasan

XAMPP adalah perangkat lunak gratis yang mendukung banyak sistem operasi yang merupakan kompilasi dari beberapa program aplikasi. XAMPP adalah aplikasi web server yang dapat berjalan dengan kompilasi program yang XAMPP gabungkan.  Lalu dari mana penyebutan XAMPP, XAMPP sendiri adalah singkatan dari masing masing program yang dikompilasikan yaitu X yang dimana artinya dapat dijalankan dibanyak sistem operasi, A adalah Apache yang merupakan aplikasi webservernya, M adalah yang artinya MySQL yang merupakan database server. P yaitu PHP dimana merupakan bahasa pemrograman yang dapat penjembatani antara Apache dan MySQL. P adalah Perl adalah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk segala keperluan. Aplikasi XAMPP ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis.  XAMPP dikembangkan dari sebuah tim proyek bernama Apache Friends, yang terdiri dari Tim Inti (Core Team), Tim Pengembang (Development Team) & Tim Dukungan (Support Team).

Istilah software yang satu ini mungkin terdengar masih awam di telinga masyarakat pada umumnya namun bagi anda yang menekuni bidang IT khususnya developer web pasti sudah cukup familiar. Tidak dapat dipungkiri bahwa website sudah menjadi hal yang paling vital mengingat kemajuan trend teknologi berbasis internet saat ini. Oleh karena itu pastinya kegiatan membuat dan mengelola web tentunya menjadi sangat diminati oleh banyak orang. Salah satu software penting yang harus dimiliki oleh para developer web pemula adalah XAMPP. Disadari atau tidak meskipun banyak yang sudah lama menggunakan software XAMPP ini namun kurang paham mengenai definisi dan cara kerjanya.

Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi seperti (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.

Asal kata dari XAMPP
XAMPP adalah singkatan yang masing-masing hurufnya adalah:
  • X: Program ini dapat dijalankan dibanyak sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.
  • A: Apache, merupakan aplikasi web server. Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan,maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.
  • M: MySQL, merupakan aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database.
  • P: PHP, bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQl. namun PHP juga mendukung sistem manajement database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya.
  • P: Perl, bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows,PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.

Dalam aplikasi XAMPP terdapat bagian bagian yang penting yang umumnya digunakan saat mengunakan XAMPP :
  • htdocs di XAMPP digunakan sebagai folder tempat meletakkan berkas-berkas yang akan dijalankan, seperti berkas PHP, HTML dan skrip lain.
  • phpMyAdmin adalah tempat untuk mengelola data MySQL yang ada dikomputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat http://localhost/phpMyAdmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin. phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions), dan lain-lain).Pada dasarnya, mengelola basis data dengan MySQL harus dilakukan dengan cara mengetikkan baris-baris perintah yang sesuai (command line) untuk setiap maksud tertentu. Jika seseorang ingin membuat basis data (database), ketikkan baris perintah yang sesuai untuk membuat basis data. Jika seseorang menghapus tabel, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk menghapus tabel. Hal tersebut tentu saja sangat menyulitkan karena seseorang harus hafal dan mengetikkan perintahnya satu per satu.
  • Control yang berfungsi untuk mengelola layanan (service) XAMPP. Seperti menghentikan (stop) layanan, ataupun memulai (start). atau Me-Restart layanan. 
Saat ini banyak sekali perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola basis data dalam MySQL, salah satunya adalah phpMyAdmin. Dengan phpMyAdmin, seseorang dapat membuat database, membuat tabel, mengisi data, dan lain-lain dengan mudah, tanpa harus menghafal baris perintahnya. phpMyAdmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada di komputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat http://localhost/phpmyadmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin. Di situ nantinya seseorang bisa membuat (create) basis data baru, dan mengelolanya.

Sebagai pengguna yang baik tentunya anda harus mengerti software seperti apa yang sedang digunakan. Hal ini juga semakin mengoptimalkan kinerja anda. Namun jangan khawatir karena dalam kesempatan ini kami akan mengulas lebih dalam mengenai software XAMPP beserta fungsi dan bag
ian – bagian yang tentunya harus anda pahami sebagai developer web yang bijak. Langsung saja ulasan lengkap mengenai pengertian XAMPP dapat anda simak dibawah ini :

Sesuai dengan namanya software yang satu ini merupakan gabungan dari beberapa software dengan fungsi yang sama yakni menunjang para pembuat web yang menginginkan adanya web server sendiri di PC atau laptopnya. Software ini juga berlisensi GNU dan dapat didownload secara gratis di internet mengingat peran vital yang dimilikinya terutama bagi pembuat web pemula.

Lalu apa Itu LAMP? jika diartikan dalam bahasa inggris yang pasti artinya lampu nampu LAMP dalam istilah komputer maupun web server adalah sebuah aplikasi web server. Jika diambil dari namanya sebenarnya LAMP adalah sebuah aplikasi web server yang dikemas dalam suatu tool yaitu LAMP. LAMP adalah singkatan dari Linux, Apache, MySQL dan Perl/PHP/Phyton yang merupakan sebuah paket perangkat lunak bebas yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap.

Dan LAMP yang mengambil inisial ini. Keduanya cocok untuk pembangunan situs web, termasuk konten dinamis dalam database terkait, dan apa popularitas tinggi. Dalam distribusi OS menjabat sebagai Linux, tetapi beberapa dari LAMP ini telah didistribusikan dalam satu set. software kelompok tersebut, atau tidak lebih murah karena merupakan perangkat lunak open source, karena biaya yang sangat rendah bahkan jika dibutuhkan, adalah mungkin untuk mengurangi biaya, memiliki keuntungan dari Ikaseru yang sangat disesuaikan. sisi lain, jaminan, seperti tidak ada dukungan, risiko besar di bidang manajemen operasional, pengembang, manajer operasi akan dibutuhkan keterampilan sesuai. LAPP Jika Anda ingin menggunakan PostgreSQL ke basis data melalui mesin scan, seperti LASP Jika Anda ingin menggunakan SQLite, kata-kata serupa akan melimpah untuk mengubah singkatan tergantung pada konfigurasi. Selain itu, ada WISA sebagai relatif, ini dimaksudkan untuk menggunakan OS Windows Sever, server Web IIS, database SQL Server, pemrograman ASP.NET, merujuk ke server Web yang dibangun dalam penawaran Microsoft untuk teknologi Anda.

Komponen-komponen dari LAMP :

  • Linux – sistem operasi
  • Apache HTTP Server – web server
  • MariaDB atau MySQL – sistem basis data
  • PHP atau Perl atau Python – bahasa pemrograman yang dipakai
  • Beberapa perangkat lunak yang menggunakan konfigurasi LAMP antara lain MediaWiki dan Bugzilla.

Fungsi dari komponen-komponen LAMP adalah:

  • Linux sebagai sistem operasi, Linux mewakili sistem operasi lainnya: FreeBSD, NetBSD, OpenBSD, dan Darwin/Mac OS X.
  • Apache HTTP Server sebagai web server, Apache mewakili web server lain, seperti IIS dari Microsoft
  • MySQL sebagai sistem basis data (database), MySQL mewakili sistem database lainnya, yaitu PostgreSQL.
  • Perl atau PHP atau Pyton sebagai bahasa pemrograman yang digunakan, Perl/PHP/Pyton dapat mewakili pemrograman Ruby.

Kesamaan XAMPP dan LAMP :

  • memiliki komponen MySQL, PHP, Perl, Apache.
  • Dapat berjalan di berbagai platform.
  • GUI service.
  • Server Mandiri

Perbedaan XAMPP dan LAMP :

  • XAMPP dapat berjalan di berbagai platform os. Sedangkan LAMP hanya dapat berjalan diberbagai platform linux. 

E. Langkah Kerja

  1. Download aplikasi XAMPP / LAMP terbaru.
  2. Jika di OS Windows double klik file XAMPP yang baru saja kalian download. Tapi jika mengunakan OS Basis Linux buka Teminal masuk sebagai root lalu masuk ke tempat file download tadi lalu mauskkan perintah ” ./nama_file_download-an “, nanti selanjutnya akan muncul jendela “installer language” seperti di bawah ini:
  3. Selanjutnya pilih bahasa. Pilih yang Bahasa Inggris (English). Klik OK.
  4. Kadang pada proses ini muncul pesan error. Jika ada, abaikan saja dan lanjutkan dengan klik OK dan YES.
  5. Berikutnya akan muncul jendela yang isinya meminta kaian menutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Jika semua aplikasi sudah ditutup, maka klik tombol Next.
  6. Selanjutnya kalina akan diminta untuk memilih aplikasi yang mau diinstal. Centang saja semua pilihan dan klik tombol Next.
  7. Kemudian kalian akan diminta untuk menentukan lokasi folder penyimpanan file-file dan folder XAMPP / LAMP. Secara default akan diarahkan ke lokasi dfaule. Namun jika kalian ingin menyimpannya di folder lain bisa klik browse dan tentukan secara manual folder yang ingin digunakan. Jika sudah selesai, lanjutkan dan klik tombol Install.
  8. Tunggu beberapa menit hingga proses intalasi selesai. Jika sudah muncul jendela seperti di bawah ini, klik tombol Finish untuk menyelesaikannya.
  9. Berikutnya, akan muncul jendela dialog seperti gambar di bawah ini yang menanyakan Anda apakah mau langsung menjalankan aplikasi XAMPP / LAMP atau tidak. Jika ya, maka klik YES.
  10. Bukalah aplikasi XAMPP / LAMP, bisa melalui Start Menu atau Desktop, dan klik icon XAMPP. Atau, jika kalian membukanya begitu proses instalasi selesai maka klik Yes seperti yang terlihat pada gambar di atas.
  11. Setelah terbuka, silahkan klik tombol Start pada kolom Action sehingga tombol tersebut berubah menjadi Stop. Dengan mengklik tombol tersebut, artinya itulah aplikasi yang dijalankan. Biasanya jika saya menggunakan XAMPP / LAMP, yang saya start hanyalah aplikasi Apache dan MySQL, karena saya tidak memerlukan aplikasi seperti Filezilla, dan lain-lain.
  12. Sekarang bukalah browser yang kaina punya, dan coba ketikkan http://localhost di address bar. Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, instalasi telah berhasil.
  13. Selamat, akhirnya kalian berhasil menginstal aplikasi XAMPP / LAMP

E. Kesimpulan

Jadi XAMPP dan LAMP adalah aplikasi yang dikembangkan Bitnami yang digunakan sebagai web server XAMPP dapat dinstall diberbagai sistem operasi sedangkan LAMPP hanya dapat dijalankan di OS Linux.

F. Referensi

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *