Konfigurasi – Proxmox | Membuat VM (Virtual Machine) menggunakan OpenVZ | Mukti911


A. Pendahuluan

Pengertian
Proxmox mendukung teknologi virtualisasi berbasis OpenVZ. Bila dibandingkan dengan KVM, OpenVZ memiliki keunggulan tersendiri dalam bentuk isolasi sistem VM.

Latar Belakang
Pengimplementasian pengunaan proxmox.

Batasan Permasalahan
Membuat VM (Virtual Machine) menggunakan OpenVZ

Maksud dan Tujuan
Agar Bisa Membuat VM (Virtual Machine) menggunakan OpenVZ

Hasil yang diharapkan
Bisa Membuat VM (Virtual Machine) menggunakan OpenVZ

B. Alat dan Bahan

  • PC yang Kompatibel Virtualisasi
  • PROXMOX Server
  • Laptop
  • File OpenVZ

C. Jangka Waktu Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Sabtu, Tanggal 20 Oktober 2018 pukul 08:00 – 04:00 WIB. Bertempat di BLC Telkom Klaten.

D. Proses dan Tahapan Kerja

Proxmox juga mendukung teknologi virtualisasi berbasis OpenVZ. Bila dibandingkan dengan KVM, OpenVZ memiliki keunggulan tersendiri dalam bentuk isolasi sistem VM. Sehingga penggunaan memory lebih efisien. OpenVZ hanya dapat menjalankan sistem operasi berbasis Linux seperti Centos, Fedora, Ubuntu, dan Debian. Salah satu kelemahan menggunakan OpenVZ adalah tidak dapat melakukan modifikasi kernel.

Cara menggunakan OpenVZ pada Proxmox VE adalah sebagai berikut :
Setelah login, upload terlebih dahulu template OpenVZ yang akan diinstall.

Template OpenVZ merupakan paket sistem operasi minimal yang dipaketkan. Template juga bisa didownload melalui website OpenVZ http://download.openvz.org/template/precreated/ atau juga bisa langsung dipilih menu Content | Template untuk melakukan download OpenVZ. Selain upload menggunakan remote web proxmox kita juga bisa upload melalui cara manual yaitu dengan menggunakan SSH, FileZilla atau lainnya upload ke directory /var/lib/vz/template/cache Pada web Proxmox pilih Create CT pada bagian pojok kanan atas.
Keterangan : 
Storage, hardisk yang akan dipakai untuk keperluan VM secara default adalah local, bila ada storage lain bisa juga digunakan. 
Password, dalam penggunaan OpenVZ ini wajib diisi terlebih dahulu diisikan password. Kemudian tab selanjutnya adalah mengenai template, gunakan template yang sudah diupload sebelumnya. Contoh kali ini menggunakan template ubuntu12.04.tar.gz
Selanjutnya adalah pengaturan untuk resource yaitu kebutuhan ukuran memory, swap, disk, dan banyaknya cpu. 

Setelah Resource kemudian lanjut ke tab selanjutnya yaitu Network, disini merupakan pengaturan untuk Network Card yang digunakan oleh VM.

Kemudian pada tab DNS isikan DNS server untuk keperluan koneksi internet pada VM.

Pada tahap akhir yaitu tab Confirm disini akan menampilkan seluruh informasi mengenai spesifikasi yang telah dibuat. Bila spesifikasi sudah sesuai dengan yang dimaksud klik Finish.

 


E. Hasil yang didapatkan
Dapat Membuat VM (Virtual Machine) menggunakan OpenVZ.

F. Temuan Permasalahan

G. Kesimpulan 
OpenVZ hanya dapat menjalankan sistem operasi berbasis Linux seperti Centos, Fedora, Ubuntu, dan Debian. Salah satu kelemahan menggunakan OpenVZ adalah tidak dapat melakukan modifikasi kernel.

H. Referensi dan Daftar Pustaka

  • Dokumetasi Resmi Proxmox di Website Resmi Proxmox.


Posted

in

, , , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *