Inlislite di Perpustakaan Daerah | Kab. Klaten | DailyLife5 | Mukti911


A. Pendahuluan
Nah kali ini aku akan sharing pengalamanku saat aku bertugas di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kab. Klaten. Pada hari Senin, 28 September 2018 aku dan temanku ( Choirul Septyono ) melakukan Pelatihan untuk Inlislite v3.

B. Latar Belakang
Melakukan pelatihan untuk pengunaan dan pengolahan data buku dan sirkulasi diperpustakaan daerah dengan menggunakan aplikasi otomasi perpustakaan yaitu Inlislite v3 ( Intergrated Library System.

C. Maksud & Tujuan
Agar nantinnya inlislite dapat digunakan untuk sistem otomasi perpustakaan di perpustakaan daerah kab. Klaten. Dan juga parapustakawan mampu melakukan pengunaan dan pengolahaan data buku dan sirkulasi dengan Inlislite.

D. Waktu Pelaksanaan

  •  07:00 – Selesai

E. Pembahasan
Nah pada hari ini kami mengagendakan untuk melakukan pelatihan untuk pustakawan untuk melakukan pengolahan dan optimalisasi penggunaan aplikasi otomasi perpustakaan dengan Inlislite v3.

Pada hari ini aku melakukan seperti yang kemarin yaitu  penginputan data anggota seperi biasannya. Kemudian ada beberapa perubahan total dari anggota dimana anggota yang memiliki no. Anggota 1 – 1000 tidak ada lagi. Otomatis data yang diinputkan menjadi lebih sedikit.

Lalu kami juga membagi tugas yaitu dimana disanakan ada 2 orang yang ditugaskan. Nah 2 orang itu adalah aku dan Choitrul. Kemudian kami membagi tugas yaitu melakukan penginputan data anggota dan melakukan pelatiha sirkulasi di ruang pelayanan.

Sehingga terjadi kesinambunggan pula. Nah di ruang pelayanan aku melakukan pelatihan mulai dari awal sampai melakukan sirkulasi. kenapa demikian karena fokus untuk bagian pelayanan yaitu adalah pada sirkulasi.

Kemudian itu pula pelatihan yang saya lakukan sama seperti kemarin yaitu memberikan penjelasan 1 per 1 kepada orang orang Arpus yang dikasih tugas untuk pada bagian pelayanan. Selanjutnya disana biar tetap terjadi otomasi maka aku melakukan pelatihan pula untuk memasukkan data keanggotaan yang baru masuk.

Karena kenapa demikian. biar saat ada anggota baru anggota tidak perlu menunggu lama untuk melakukan regestrasi. Nah disana pula ada anggota baru dari Dari Arsip dan Perpustakaan. Nah disana anggota baru itu nantinya akan ditugaskan untuk menjadi bagian dari pelayanan nah sehingga mau tidak mau .

Aku harus juga melakukan pelatihan pula untuk orang baru itu. Nah irang tersebut ada 3 orang perepmpuan. Nah karena mereka sedikit lebih menggerti mengenai bagaimana cara meng operasikan komputer maka mereka lebih cepat meresap materi pelatihan yang saya berikan. Nah mereka pula langsung bisa mengimplementasikannya.

Demikian hal hal yang telah aku lakukan di Dinas Arsip dArsipus BLCTelkomKlaten DailyLife Implementasi Klaten Me Perpustakaanan Perpustakaan.

H. Hasil yang didapat
Dapat melakukan pelatihan untuk bagaimana cara mengakses inlislite dan penambahan data anggota dan sirkulasi sederhana.

I. Kesimpulan

  • Jadi kesimpulannya saat akan melakukan apapun harus ada persiapan lebih matang agar apa yang akan dilakukan sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

J. Referensi 

  • inlislite.perpusnas.go.id

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *