Implementasi SIKD Di Dinas Arsip | Kab. Klaten | #Day2 | Mukti911


A. Pendahuluan
Pada kali ini saya akan share pengalaman saya saat saya ada di Dinas Arsip dan Perpustakaan. Nah seleah selesai melakukan pelatihan Komputer dasar dan Aplikasi Inlislite v3. Kami diminta ole Dinas Arsip Kab. Klaten untuk melakukan installasi dan optimalisasi pengunaan Aplikasi SIKD ( Sistem Informasi Kearsiapan Dinamis ).

B. Latar Belakang
Karena Aplikasi SIKD ini ditunjukkan agar Semua Dinas yang meliliki ranah kearsipan diharapkan dapat mengunakan Aplikasi ini untuk Otomasi kearsipannya.

C. Maksud & Tujuan
Agar dapat melakukan instalasi dan Optimalisasi Pengunaan Aplikasi SIKD di Dinas Arsip dan Perpustakaan. Kemudian melakukan penyesuaian bentuk Output Print dari SIKD.

D. Waktu Pelaksanaan

  • 08:00 – 16:00

E. Pembahasan
Kali ini aku akan menjelasakan bagaimana cara untuk melakukan penggunaaan SIKD sebagai Admin. Dimana Admin ini dapat melakukan beberapa hal untuk mengatur SIKD.

G. Langka Kerja
SIKD adalah aplikasi berbasis web, untuk menggunakan aplikasi ini harus melalui aplikasi web browser, salah satu web browser yang dapat digunakan untuk membuka SIKD adalah Mozilla Firefox.

1. Aktifkan Mozilla Firefox yang terdapat di desktop dengan melakukan double klik icon atau klik START, All Programs, Mozilla Firefox kemudian pilih Mozilla Firefox.
2. Setelah muncul Mozilla Firefox, pada bagian alamat url ketikkan alamat yang diberikan oleh administrator.

3. Selanjutnya akan muncul form login ke aplikasi. Masukkan Nama Pengguna [default : admin] dan Password [default : 123].

4. Apabila anda memasukkan Nama Pengguna dan Password dengan benar, maka akan muncul halaman utama aplikasi SIKD untuk menu pengguna.

Pengaturan Klasifikasi

Membuat Klasifikasi Baru
1. Pada halaman utama, Klik Menu Klasifikasi Kemudian Pilih Pengaturan Klasifikasi.

2. Untuk membuat Klasifikasi Primer, pilih tab Semua Klasifikasi dan Klik Tambah.

3. Setelah itu anda diwajibkan mengisi Kode Klasifikasi Primer, Nama Klasifikasi dan Deskripsi Klasifikasinya. Apabila instansi anda sudah mempunyai Pedoman Jadwal Retensi Arsip (JRA) sebaiknya dilengkapi dengan pengisian Retensi Aktif, Retensi Inaktif dan Penyusutan Akhir. Kemudian Klik Simpan untuk menyimpan datanya.

4. Untuk melihat Klasifikasi Primer yang telah dibuat, Klik tab SK – Semua Klasifikasi.

5. Untuk membuat Klasifikasi Sekunder, anda Pilih Klasifikasi Primernya terlebih dahulu, kemudian Klik Tambah.

Menghapus Klasifikasi
1. Pilih Klasifikasi yang akan dihapus, wajib dimulai dari klasifikasi yang terkecilnya. Kemudian Klik Hapus dan Jawab OK.

Catatan :
Klasifikasi akan dapat dihapus jika Klasifikasi tersebut belum dipergunakan dalam proses pembuatan berkas.

Mengedit Klasifikasi
1. Pilih Klasifikasi yang akan di-edit, Kemudian Klik Ubah dan Jika selesai KLIK Simpan.

H. Hasil yang didapat

  • Dapat melakukan pengunaan SIKD sebagai Admin.

I. Kesimpulan
Jadi SIKD ini memiliki beberapa rule person dimana masing masing memiliki peran masing masing. Kemudian Admin di SIKD bertugas untuk melakukan klasifikasi dan masih banyak lagi

J. Referensi

  • Dokumentasi Resmi SIKD

Posted

in

, , , , , , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *