Hirarki Kebutuhan, Klasifikasi Tingkatan dan Pemilihan Software pada Server

Hirarki Kebutuhan Server berdasarkan Hardware dan Software

Hirarki kebutuhan server

Secara hirarki, kebutuhan server terpisah antar hardware dan software, tapi salah satu dari mereka tidak bisa disampingkan dulu. Hadware ditetapkan menurut aktifitas penguna dan jumlah pengguna, lalu bagaimana untuk mempertimbangkan hardware ini? Ada sebagian cara, salah satunya ialah klasifikasi tingkatan. Klasifikasi ini bisa berbeda-beda, layak dengan orang yang melaksanakan klasifikasi, orang hal yang demikian seharusnya berpengalaman dalam melaksanakan sangkaan kebutuhan hardware untuk sebuah bisnis misal seperti beriktu .

Klasifikasi Tingkatan

Kategori tahapan dilaksanakan dengan membagi variasi-variasi hardware, seperti keperluan RAM, Hardisk, CPU Clock Rate, dan lain-lain. Sebelum mengerjakan optimalisasi, karenanya formula perhitungan optimalisasi di atas wajib dinormalisasikan.
Contoh kasus, perusahaan dengan pegawai sebanyak 100 orang, dengan aktifitas bisnis mengerjakan pengunggahan laporan, pengunduhan laporan, dan validasi data. Dijalankan benchmark, bahwa dalam 1 menit, ada 100 orang mengerjakan aktifitas bisnis, dari aktifitas hal yang demikian, 10 orang gagal, dan sisanya sukses. Karenanya rasio aktifitas bisnisnya ialah 100-10/100, 90%, ada 10% yang gagal, sehingg rasionya ialah 110%.
Karenanya angka optimalisasinya, ialah 100 * 1.0 * 100 = 100,000.
Rasio akfitifas bisnis di optimalisasi mesti 100%.
Lalu, dijalankan pencarian aktifitas puncak, 1 * 100 * 100 = 10.000.
Rasio optimalisasinya 100.000/1.000 =  10

Tabel Klasifikasi RAM

 Ukuran RAM (GB)  Rasio Optimalisasi
 2  < 10%
 4  > 10%
 8  > 40%
 16  > 50%
Note : Tabel diatas adalah rasio untuk pengunaan server aktifitas perkantoran rendah.
Maka RAM yang diperlukan yaitu 16 Giga Byte.
Dengan demikian  metode perhitungan jumlah memory, clock rate CPU, dan lain-lain. Patut diingat bahwa tabel kategori ini harus ditetapkan oleh orang yang benar- benar mengerti seputar optimalisasi, yang telah berpengalaman dalam mengerjakan klasifikasi kebutuhan.
Tabel diatas seiring dengan orang yang bertanggung jawab untuk melakukan klasifikasi, maka hal yang demikian memiliki pengalaman ketika operasional lapangan berlangsung.

Pemilihan Software

Ada banyak sekali merk website server di luar sana. Lalu, bagaimana kita bisa memilih merk yang layak? Untuk menerima kemampuan server yang optimal, maka merk dari website server semestinya memenuhi 4 kriteria berikut.
  1. Jaminan
    Aplikasi server wajib terjamin, dan seandainya terjadi kerugian karenanya perusahaan aplikasi server hal yang demikian juga wajib mempertanggung- jawabkanya.
  2. Kontinuitas
    Jaman terus mengalami perkembangan, merk web server sepatutnya terus dimaksimalkan seiring dengan berkembangnya teknologi, dalam kasus situs server seperti versi protocol HTTP, web server sepatutnya terus berkembang dan meniru standar prototokl HTTP yang baru tanpa melupakan yang lama.
  3. Keamanan
    web server yang aman, tak rentan kepada pencurian identitas, injeksi, dan lainnya, merupakan salah satu alasan kemampuanya untuk terus berjalan dan melayani pengguna.
  4. Kehandalan
    Situs server patut handal, ia tak boleh amat lemah sampai semisal hardware server telah maksimal, namun software website server cuma dapat melayani 256 pengguna tiap-tiap menit.

Kesimpulan

Server yaitu perangkat jaringan yang memberikan layanan kepada pengguna. Server melayani pengguna dengan handal dan seharusnya dapat melakukanya tiap-tiap ketika. Karenanya analitik  kepada keperluan server untuk dapat memenuhi tugasnya sungguh-sungguh diperlukan sesuai kebutuhan.
Demikian Artikel – Hirarki Kebutuhan, Klasifikasi Tingkatan dan Pemilihan Software pada Server Semoga artikel kali ini bermanfaat tunggu artikel ku berikut nya jika ingin bertanya tentang artikel diatas atau pun request artikel silahkan komen dibawah atau langsung email ke email saya iki.mukti@gmail.com. Terima kasih…

Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *