Digitalisasi Perpustakaan Kab. Klaten | Day1 | Mukti911

A. Pendahuluan
Nah kali ini setelah melakukan penambahan fitur untuk SIKD, kami berpindah pekerjaan lagi. Kami diberi tugas untuk melakukan Digitalisasi Perpustakaan, Apa maksudnya Nah Akan saya sejaskan Nanti di Pembahasan.

B. Latar Belakang
Karena digitalisasi perpustakaan diperlukan untuk otomasi perpustakaan daerah. Otomasi perpustakaan daerah menggunakan aplikasi Inlislite yang sudah dipasang diserver perpustakaan daerah masing masing.

C. Maksud dan Tujuan
Agar perpustakaan dapat berjalan secara digital, mulai dari pengisian buku tamu, keanggotaan, sirkulasi dan pelaporan hasil dari perpustakaan.

D. Waktu Pelaksanaan

  • 08:00 – 16:00

E. Pembahasan
Dalam digitalisasi perpustakaan ini perpustakaan mengunakan aplikasi inlislite yang sudah dipasang dan dikonfigurasi dengan sedemikian rupa. Sehingga mampu digunakan untuk digitalisasi perpustakaan.

Dalam perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kab. Klaten. Mengunakan 2 buah pc yang dipasang di ruang pelayanan. dimana fungsi masing masing dari 2 PC digunakan oleh Pengunjung dan Pustakawan.

Pengunjung disini dibuatkan akun untuk melakukan pengisian buku tamu secara digital dan mandiri. kemudian pula akun ini juga diberi rule permision agar dapat melakukan regestrasi akun untuk online. kemudian juga dapat melakukan pencari buku dari OPAC yang telah disediakan di Inlislite.

Kemudian untuk PC yang digunakan oleh Pustakawan dapat digunakan pustakawan sesuai rule yang telah dibuat. Rule yang dibuat untuk Pustakawan Bagian Pelayanan yaitu untuk melakukan sirkulasi buku dimana sirkulasi ini meliputi kegiatan untuk melakukan Peminjaman, Perpanjangan dan Pengembalian Buku. kemudian juga dapt melakukan seperti yang dilakukan oleh Pengunjung itu sendiri.

F. Hasil yang didapat

  • Dapat melakukan instalasi Komputer yang digunakan untuk Otomasi Perpustakaan
  • Pustakawan mampu mengunakan aplikasi Inlislite dengan maksimal 

G. Kesimpulan
Jadi diperpustakaan Kab. Klaten sudah mulai mengunakan Inlislite sebagai aplikasi otomasi perpustakaannya.

H. Referensi

  • Buku Panduan Inlislite

Posted

in

, , , , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *