Debian – Fundamental | Mukti911

A. Pendahuluan
Nah beberapa artikel sebelumnya telha mengatakan tentang linux da lain sebagainnya. Nah skarang aku mau menjelaskan tentang linux Debian. Apa sih linux debian itu?.

B. Latar Belakang
Agar mengetahui linux debian dengan lebih baik lagi.

C. Maksud & Tujuan
Agar dapat mengetahui sebenarnya debian apa itu sih.

D. Pembahasan

Debian adalah sistem operasi komputer Unix-like yang seluruhnya terdiri dari perangkat lunak bebas, dan dikemas oleh sekelompok individu yang berpartisipasi dalam Proyek Debian. Debian pertama kali dipublikasikan pada 16 Agustus 1993 oleh Ian Murdock. dan Debian Rilis versi stabil pada 1996. Debian adalah salah satu sitem operasi yang banyak digunakan pada saat itu.
Sebagai salah satu sistem operasi paling awal berdasarkan kernel Linux, diputuskan bahwa Debian akan dikembangkan secara terbuka dan bebas didistribusikan dalam semangat Proyek GNU. Keputusan ini menarik perhatian dan dukungan dari Free Software Foundation, yang mensponsori proyek tersebut selama satu tahun dari November 1994 hingga November 1995. Setelah berakhirnya sponsorship, Proyek Debian membentuk Perangkat Lunak organisasi nirlaba untuk Kepentingan Umum.
Sementara semua rilis Debian berasal dari Sistem Operasi GNU dan menggunakan GNU userland dan GNU C Library (glibc), kernel lain selain dari kernel Linux juga tersedia, seperti yang berdasarkan pada kernel BSD dan microkernel GNU Hurd.
Debian memiliki akses ke repositori online yang berisi lebih dari 51.000 paket perangkat lunak menjadikannya kompilasi perangkat lunak terbesar. Debian secara resmi hanya berisi perangkat lunak bebas, tetapi perangkat lunak tidak bebas dapat diunduh dan dipasang dari repositori Debian. Debian menyertakan program gratis populer seperti LibreOffice, browser web Firefox, surat Evolution, pembakar disk K3b, pemutar media VLC, editor gambar GIMP, dan penampil dokumen Evince. Debian adalah pilihan populer untuk server web (lll).
Debian mendukung Linux secara resmi, setelah menawarkan kFreeBSD untuk versi 7 tetapi tidak 8,  dan GNU Hurd secara tidak resmi. GNU / kFreeBSD dirilis sebagai pratinjau teknologi untuk arsitektur IA-32 dan x86-64, dan tidak memiliki jumlah perangkat lunak yang tersedia dalam distribusi Linux Debian. Dukungan resmi untuk kFreeBSD telah dihapus untuk versi 8, yang tidak memberikan distribusi berbasis kFreeBSD.
Beberapa rasa dari kernel Linux ada untuk setiap port. Sebagai contoh, port i386 memiliki rasa untuk IA-32 PC yang mendukung Ekstensi Alamat Fisik dan komputasi real-time, untuk PC yang lebih tua, dan untuk PC x86-64. [19] Kernel Linux tidak secara resmi berisi firmware tanpa sumber, meskipun firmware tersebut tersedia dalam paket non-gratis dan media instalasi alternatif.


H. Hasil yang didapat

  • Dapat Mengetahui tentang Debian

I. Kesimpulan
Jadi debian adalah salah satu distribusi os yang tua.

J. Referensi


Posted

in

, ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *