DailyLife62 | Training Cisco | #Day3 | Mukti911

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

A. Pendahuluan
Nah kali ini aku akan share pengalamanku. Pada hari ini masih training Cicso dari BestPath Network, orang dari BestPath Network adalah Mas Fatchurohman dan Mas Rizka Budiman. Kali ini membahas Chapter 4 – 6. Lalu dikuti dengan mencoba menjawab kuis di Cisco Academy.

B. Latar Belakang
 Diadakannya training ini agar dapat mendapatkan ilmu tentang Cisco dan juga dapat kesempatan untuk ikut sertifikasinya.

C. Maksud & Tujuan
Agar dapat memiliki pengalaman dan basic mengenai Cisco dan perangkatnya. Lalu dapat mengimplementasikannya didunia kerja.

D. Waktu Pelaksanaan

  • 08.00 – 12.00 < Training
  • 13.00 – 15.30 < Training
  • 16.00 – 17.30 < Training
  • 19.30 – 22.00 < Training

E. Hal Yang Disampaikan

Pada Chapter selanjutnya adalah penjelasan mengenai Komunikasi di Jaringan Lokal. Prinsip yang dari komunikasi itu sendiri dan pentingnya protokol dan standarisasi. Lalu fungsingonalitas yang dapat dilakukan oleh setiap protokol. Lalu mengetahui cara kerja dari jaringan Ethernet. Lalu menghubungkan dua jaringan yang berbeda network. 
Dalam komunikasi kita sering dengar yang nama nya Source, Destination, Media Transmisi. Source bertindak sebagai menyampai data lalu diteruskan dengan yang namannya Transsmiter lalu Dihubungkan dengan media trasmisi lalu media transmisi menentukan soruce tadi mau di arahan ke destination yang mana lalu Destination menerima data tersebut.
Lalu apa itu Protokol sendiri, dalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protocol stack ?. Protokol jaringan mendefinisikan banyak aspek komunikasi melalui jaringan lokal, , termasuk:  format pesan ukuran pesan, waktu , pengkodean dan, pola pesan, enkapsulasi.
Siapa yang membuat standarisasi dalam suatu jaringan komunikasi, jairngan komunikasi distandarisasi oleh beberapa organisasi berikut ini :
Model Referensi dalam Jaringan yang bisa digunakan yaitu TCP/IP dan OSI Layer. TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang diterjemahkan menjadi Protokol Kendali Transmisi/Protokol Internet, yang merupakan gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite).Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model “Model tujuh lapis OSI” (OSI seven layer model).
Perbedaan yang mencolok dari dua model tersebut adalah OSI adalah model Standarisasi yang digunakan sebagai landasan teori untuk troubleshooting masalah. Sedangkan TCP/IP adalah model pengimplementasiannya dari sebuah jaringan.

Lalu pada sejanutnya membahas tentang IPv4 dan IPv6. adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 4. Panjang totalnya adalah 32-bit, dan secara teoretis dapat mengalamati hingga 4 miliar host komputer atau lebih tepatnya 4.294.967.296 host di seluruh dunia, jumlah host tersebut didapatkan dari 256 (didapatkan dari 8 bit) dipangkat 4(karena terdapat 4 oktet) sehingga nilai maksimal dari alamt IP versi 4 tersebut adalah 255.255.255.255 dimana nilai dihitung dari nol sehingga nilai nilai host yang dapat ditampung adalah 256x256x256x256=4.294.967.296 host, bila host yang ada di seluruh dunia melebihi kuota tersebut maka dibuatlah IP versi 6 atau IPv6. Contoh alamat IP versi 4 adalah 192.168.1.128. Untuk lebih jelasnya bisa lihat di blog saya sebelumnnya. Baca Sekarang & Baca Sekarang & Baca Sekarang

Lalu selanjutnya membuat akun baru di Netacad ( Network Academy ) Cisco. Lalu diberi token untuk masuk ke Kelas Online yang telah dibuat oleh BPN ( BestPath Network ). Setelah itu langsung mencoba untuk mengerjakan Quiz yang ada dalam kelas itu.


F. Penutup

Nah itu saja sih yang telah aku lakukan selama seharian ini mungkin beberapa materi yang disampaikan oleh Mas Fatchurohman dan Rizka Budiman. Sekian dari saya terima kasih.

Wassamu’alaikum Wr. Wb.

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *