DailyLife61 | Training CISCO | #Day2 | Mukti911

Assalamu’alaikum Wr. Wb.


A. Pendahuluan

Nah kali ini aku akan share pengalamanku. Pada hari ini masih training Cicso dari BestPath Network, orang dari BestPath Network adalah Mas Fatchurohman dan Mas Rizka Budiman. Nah lalu Mas Bejo alias Mas Rifki Fajar Rudin juga menambahkan materi tentang CyberOps.

B. Latar Belakang

 Diadakannya training ini agar dapat mendapatkan ilmu tentang Cisco dan juga dapat kesempatan untuk ikut sertifikasinya. 


C. Maksud & Tujuan

Agar dapat memiliki pengalaman dan basic mengenai Cisco dan perangkatnya. Lalu dapat mengimplementasikannya didunia kerja.


D. Waktu Pelaksanaan

  • 08.00 – 12.00 < Training
  • 13.00 – 15.30 < Training
  • 16.00 – 17.30 < Training
  • 19.30 – 22.00 < Training

E. Hal Yang Disampaikan

Nah pada hari aku masih training Cisco dengan didampingi Mas Facthurohman dan Mas Rizka Budiman. Nah mereka menjelaskan mengenai beberapa Chapter yang akan dibahas di hari ini. Nah Chapter ini dari Cisco. Chapter itu ada sebanyak sembilan Chapter kalian bisa downlaod Chapter itu di disini. Download Sekarang
Nah pada hari ini yang dibahas yaitu Chapter 1 sampai dengan Chapter 3. Nah pada Chapter 1 ini yaitu pada intinya membahas mengenai konsep dari komunikasi jaringan, lalu bagaimana peran, perangkat perangkat jaringan yang digunakan lalu menerapkan untuk membuat sebuah jaringan yang sederhana.

Sering kali kalian mengenal istilah istilah jaringan komputer. Nah apa itu jaringan komputer ? Mungkin dari kalian sudah banyak yang tau kalau mengeikuti blog ini dari awal. Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Mungkin dari kalian tidak sadar kalian bermain media sosial kalian sudah mengimplementasikan sebuah jaringan. Lalu pernahkah kalian berfikif siapa pemilik internet?. Jadi jawabannya adalah tidak ada kenapa demikian karena jika internet dimiliki seeorang maka jika kita ingin mengakses sesuatu harus meminta izin dulu nah. Tapi alasan yang paling logis lagi adalah karena internet adalah sekumpulan jaringan yang saling terhubung satu sama lain dan saling bertukar informasi.

Lalu jaringan membuat jaringan kecil sedernana dengan aplikasi packet tracer. Contoh dari jaringan kecil yaitu adalah Peer to Peer, Jaringan LAN, SOHO, dll. Dimana End device dapat berupa apapun sebagai contoh : Smartphone, Laptop, PC, Printer, Scanner , dll. Jaringan kecil ini dapat bertukar resource contohnya yaitu berupa : Volunteered Data, Inferred Data, Observed Data.

Lalu bagaimana cara data itu di sampaikan antar device berupa apakah data itu dikirimkan. Jadi data itu dismapikan dengan melewati media transmisi data itu sebelumnya sudah dibah dalam bentuk Bit data yang dapat dilewatkan di media Transmisi. Transmisi ini dilweatkan dalam beeberapa media yaitu kawat tembaga ( Listik ), Kabel Serat Optik ( Cahaya ), Nirkabe ( Gelombang Radio ).

Dalam suatu jaringan ada komponen komponen penting yang saling berkaitan. Nah komponen komponen ini memiliki perannya masing masing. Komponen itu dikelompokkan dalam 3 bagian :

  • Intermediate Device, adalah perangkat perantara dimana dia yang bertugas menetukan arah data datang dan akan disampaikan kemana. Contoh : Router, Switch
  • End Device, Perangkat client / host jadi perangkat ini adalah perangat yang bertugas sebagai pengirim maupun penerima data. PC, Server, Printer
  • Network Media, Media transmisi seperti yang dijelaskan tadi. Media transmisi dapat diistilahkan sebagai media yang menjebatani device lainnya. Kabel UTP, Kabel Fiber Optik, Gelombang Radio.

Berikut adalah contoh penerapan Jaringan kecil di Cisco :

  • Peer to Peer, jaringan peer to peer merupakan jaringan komputer dimana setiap komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut merupakan klien sekaligus juga server. Berikut adlaah contoh konfigurasi dan penerapan jaringan peer to peer dengan Packet Tracer. 

Nah yang diperlukan dalam suatu jaringan adalah seperti dijelaskan diatas yaitu 3 komponen penting. Lalu bagai mana penataannya seperti gamabr diatas lalu bagaiaimana cara agar kedua End Dvice dapat saling berkomunikasi. Lakukan konfigurasi IP pada kedua device agar satu network. Contoh :

Nah pada masing masing device kalian setting IP seperti gambar sebelumnya. Caranya : Klik 2x pada device lalu Klik Desktop > IP Configuration. Lalu Tambahkan IP Address dan Subnetmask pastikan Kedua device mengunakan IP yang satu
Network. Lalu Coba Test Koneksi antara dua device itu dengan Cara : Klik Desktop > Command Prompt >. Tuliskan IP tujuan Contoh : ping 192.168.16.1.

  • Client Server, merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak. pihak klien dan pihak server. Dalam model klien/server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tetapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen klien dan komponen server.
Pada jaringan Client Server. Dibutuhkan device yang berbagi resource nah device ini adalah pust dari jaringan itu sendiri. Seperti gambar diatas itu dalah Jaringan Client Server. Setting Server dahulu, tentukan IP address yang akan digunakan oleh Server. Lalu tentukan server mampu melayani cliet berupa apa saja. Sebagai contoh : Web Server ( HTTP, HTTPS ), DHCP Server, DNS Server

IP Addressing Server

HTTP, HTTPS

DHCP Server

DNS Server

DORA

Test Ping
Test DNS

Nah, pada Chapter 2 materi yang disampaikan adalah syarat yang dibutuhkan device agar dapat Online. Lalu bagaimana representasi jaringan. Sebagai contoh Smartphone, kalian sudah tau kan 2G, 3G, 4G. Smartphone mengunakan Gelombang Radio untuk saling bertukar informasi dengan melewati sinyal yang terpasang dimenara yang berada di wilayah geografis tertentu.

Dalam Smartphone ada teknologi lain yang dapat digunakan untuk saling bertukar informasi yaitu GPS, Wi-Fi, Bluetooth, dan NFC. GPS digunakan untuk memetakan Smartphone berada dimana, Wi-Fi adalah contoh penerapan Jairngan Nirkabel, Bluetooth adalah teknologi yang memungkinkan device bertukar informasi dengan jarak kurang lebih 10 meter, yang terakhir adalah NFC adalah sebuah teknologi dimana device hanya akan bertukar informasi jika berada diposisi palign dekat, semisal sampaii tertempel.

Dalam pembuatan suatu jaringan ada hal lain yang perlu juga diperhatikan. Yaitu Nama Device lalu IP yang akan digunakan, Lalu topologi seperti apa yang tepat digunakan lalu media apa yang cocok digunakan.  Dalam topologi sendiri dapat dikategorikan menjadi dua bagian yaitu Physical Topologi dan Logikal Topologi. Kalo yang Physical topologi adalah topologi yang digambarkan berdasarkan device tau layanan yang tersedia. Sedangkan Logikal dalah berdasarkan IP yang digunakan dalam setiap devicenya.

Nah tadi kan aku menyebutkan Mas Bejo alias Mas Rifki Fajar Rudin mengenalkan tentang CyberOps. Dia menjelaskan bahwa CyberOps adalah sertifikasi terbaru yang dikeluarkan Cisco
, mengapa demikian ? karena beberapa tahun ini traffic minat belajar orang tetang dunia Security di Dunia IT kurang ada menurut survei yang dilakukan Security menduduki yang paling terbawah. Lalu Cisco memulai project nya dibidang Security tapi vendor vendor lannya seperti Junifer sudah mulai pula mengembangkan device yang mampu menangani serangan Hacker.

F. Penutup

Nah itu saja sih yang telah aku lakukan selama seharian ini mungkin beberapa materi yang disampaikan oleh Mas Fatchurohman dan Rizka Budiman. Sekian dari saya terima kasih.

Wassamu’alaikum Wr. Wb.

Posted

in

, , , , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *