DailyLife44 | Jati Diri ? Kenapa Jati Diri ? | Mukti911


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

A. Pendahuluan

Nah Kali ini aku akan sharing tentang kegiatanku. Pada 14 Juli 2018 Nah itu kan bertepatan dengan Evaluasi apa yang telah dilakukan aku selama seminggu. Nah pada hari itu aku evaluasi terlebih dulu selang beberapa saat ternyata Mbah Suro Dhemit datang lalu beliau melihat aku sedang prentasi didepan. Nah saat petengahan aku dihentikan presentasiku karena teman teman belum paham tentang apa yang telah aku sampaikan. Lalu Mbah Suro maju dan duduk lalu beliau memarahi kami karena evaluasinya terlihat pasif. Nah lalu beliau mulai Sharing mengenai Jati diri, Karakter, Kepribadian Pendidikan Karakter, Inrtovet dan Extrovet.

B. Waktu Pelaksanaan

  • 08:30 – 13:00

C. Hal Yang Disampaikan

Mbah Suro Dhemit memulai dengan membahas apa yang membuat kami kehilangan jati diri. Nah lalu beliau menerangkan bagaimana cara untuk mengenal jati diri. Beliau berpendapat bahwa mengenal jati diri kita masing masing bisa dimulai dengan mengenal hal hal yang paliang disukai dan hal hal yang paling tidak disukai. 
Remaja saat ini banyak mengalami kehilangan jati diri atau belum menemukan jati diri. Padahal jati diri ini sangat penting bagi manusia apalagi remaja untuk masa depan yang lebih cerah. Jati diri itu sendiri merupakan sebuah identitas seorang manusia sehingga setiap manusia bisa mengenali setiap manusia lain. Coba bayangkan jika remaja yang dikataan sebagai manusia yang bernjak dewasa tidak memiliki sebuah identitas yang menunujukkan dirinya sendiri, pasti remaja itu akan memiliki jati diri yang sering berganti ganti sehingga menjadi labil dan tidak memiliki pendirian yang tetap.

Setiap individu pasti memiliki yang namanya jati diri. Sepenting apakah jati diri? Jati diri itu sangat penting karena terkait dengan identitas yang sangat melekat pada diri sendiri. Didalam tiap individu memiliki yang namanya karakter & kepribadian. Karakter & kepribadian merupakan kesatuan dari jati diri tiap individu.

Karakter, karakter sendiri merupakan bagian dari jati diri. Karakter merupakan sifat batin yg mempengaruhi pikiran, perilaku budi pekerti yg dimiliki makhluk hidup.

Mungkin ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terbentuknya jati diri :

  • Kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua. Perhatian dan kasih sayang orang tua merupakan salah satu hak yang wajib didapat oleh seorang anak. Banyak orang tua jaman sekarang yang sibuk dengan urusannya masing-masing. 
  • Tidak dapat memahami diri sendiri dan tidak berniat mengenal diri. Orang yang mengenal diri sendiri adalah dirinya sendiri. Tidak bisa orang lain memahami diri anda sendiri secara menyeluruh karena orang lain tidak selalu bersama dengan diri anda sendiri.
  • Pengaruh lingkungan. Lingkungan merupakan salah satu tempat yang paling berpengaruh pada diri manusia. Lingkungan yang baik akan menjadikan seseorang memiliki kepribadian yang baik sedangkan lingkungan yang buruk menjadikan seseorang memiliki kepribadian yang buruk.

Solusi untuk menangani yang bisa dilakukan adalah :

  • Orang tua seharusnya sering sering memberikan perhatian pada anaknya sebab dengan memberikan kasih sayang orang tua, seorang anak akan semakin termotivasi untuk memimiliki karakter yang baik dan dengan karakter yang baik menjadikan remaja terarah untuk mencari jati diri.
  •  Dengan memahami diri anda sendiri maka anda akan mengenal dan pastinya anda akan menemukan apa jati diri yang sesuai dengan diri anda sendiri.
  •  Pencarian jati diri juga bisa dilakukan dengan ikut dengan lingkungan atau tempat bergaul sehingga menjadikan seorang manusia yang mengikuti lingkungan yang ia tempati. Semisal anda memiliki lingkungan yang religius, anda biasanya akan ikut religius karena lingkungan yang seperti itu.

Dengan mengetahui apa faktor yang menyebabkan bagaimana remaja tidak memilki jati diri, kita bisa mencoba untuk mencari cara agar bisa menemukan jati diri. Berikut cara mencari atau mengenali jati diri kalian.

  • Melihat diri anda lebih dekat diri kalian jadi kalian harus mengerti diri kalian apa yang dapt kalian lakukan dan apa yang menjadi tujuan akhir kalian.
  • Bertanyalah pada anda sendiri apa yang dapat sya lakukan lalu buat perbadingan dengan melihat nilai dimana apa yang menjadi kelebihan kalian dan apa yang menjadi kekurangan kalian. Lalu cari hamabtan yang membuat kalian binggung kemudian buat solusi yang dapat kalian berikan.
  • Menilai relasi anda dengan orang lain jadi kalian coba pikirkan diri kalian kalian ingin menjadi pribadi yang bagaimana.

D. Penutup
Jadi terlamabat ketahuilah dirimu lalu kamu ini cocok berada di lingkungan yang bagaimana dan apa yang dapat kamu lalakukan lalu hambatan seperti apa yang menjadi masalah buat kalian. Lalu cari solusi untuk mengatasi masalah kalian. (-_-)

Wassamu’alaikum Wr. Wb.


Posted

in

, , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *