DailyLife Day 41 | Sharing tentang SMK ?.. Oleh Mbah Suro Dhemit | Mukti911

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

A.   Pendahuluan

Pada Hari ini Mabh Suro Dhemit sharing tentang Sinkronisasi Kurikulum Mata Pelajaran Produktif Integrasi Dengan Du/Di Tahun Pelajaran 2017-2018. Beliau menjelaskan bagaimana peran pedidikan dalam perkembangan bangsa indonesia. 
B.   Waktu Pelaksanaan
  •  08:15 – 12:00 lalu dilanjutkan 13:00 – 16:00
C.  Hal Yang Disampaikan
Mbah Suro Dhemit memulai shairngnya dengan mengevalusai bagaimana sikap kami yang seharusnya saat Prakerin di BLC Telkom. Lalu beliau menjelaskan bahwa Sinkronisasi Kurikulum Mata Pelajaran Produktif Integrasi Dengan Du/Di Tahun Pelajaran 2017-2018. Bersumber dari Direktorat Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan dan Budaya. Setelah itu beliau menjelasakan tentang TRISAKTI dan NAWACITA. dimana beliau menjelaskan bagaimana visi misinya dan lainya seperi berikut :
  • Visi
    • Terwujudnya Indonesia yang berdaulat , madiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong 
  • Misi Ke-7
    • Mayarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan.
  • Nawacita Ke-8 dan 9
    • Melakukan Revolusioner karakter bangsa.
    • Memperteguh Kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial
  • Program Aksi
    • Berkomitmen mewujudkan pendiidkan sebagai pembentuk karakter bangsa.
    • Memperteguh keebhinekaan Indonesia dan memperkuat restorasi sosial.

Setelah itu beliau juga sharing mengenai Penyelarasan Kurikuluk SMK dengan Dunia Kerja. Lalu beliau juga membahas bagaiman dan pa yang menjadi akibat dari hal ini. Akibat akibatnya adalah :

  • Krisis Politik
  • Krisis Ekonomi
  • Krisis Sosial
  • Krisis Moral
  • Krisis Tenaga Profesional
Dari itu semua yang titik penting dan akibat dari krisis diatas adalah Krisis Tenaga Profesional. dimana uang dikarenakan hal hal berikut, Yang pertama adalah Kualitas pekerjaan buruk, hal ini akan menyebabkan Produktivitas kerja buruk, dengan produktivitas buruk, In-efisiensi kerja akan terjadi. Jika sudah seperti itu maka Tenaga kerja harganya menjadi murah. Karena murah mjaka Kepercayaan investasi lemah dan  terjadilah Pencemaran lingkungan meningkat dan juga Kemajuan IPTEKS lambat.

Dari beberapa penjelasan tadi dapat diketahui karena hal hal berikut,Rapuh dalam pengetahuan dan teknologi karena sudah rapuh maka Rendah kreativitas terjad dan mengakibatkkan Cenderung tidak efisien. Dan juga Kurang gigih dan tidak konsisten juga adalah akibatnya. Dengan hal ini yang terjadi maka Tidak dapat menghargai waktu dan Tidak dapat menghargai orang lain. Setalah itu Lemah dalam semangat team, dan urang tanggung jawab dan kurang kredibilitas hasilnya.

Lalu mbah Suro juga membahas dalam hal ini dimensi yang tidak selaras adalah pada Kualitas, Kuantitas, Lokasi, dan Waktu.  Lalu beliau menjelaskan pula bahwa SMK adalah pendidikan Menengah, Kejuruan & Vokasi. Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

Nah Mbah Suro juga menjelaskan pendidikan menegah kejuruan, harus menghasikan lulusan yang mampu bekerja. mampu mengembangkan diri dan mampu berwirausaha dimana harus sesuai dengan kompetensi yang keahlian yang dikmiliki.

Lalu bagamana cara mengetahui ciri pendidikan kejuruan. pertama pendidikan diarahkan untuk menyiapkan peserta didik memasuki lapangan kerja lalu harus juga memenuhi kebutuhan dunia kerja. Selanjutnya fokus pada penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap-nilai yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Lalu bagaimana cara menilainya, penilainya taat asas terhadap kesuksesan peserta didik pada hands on atau performa di dunia kerja. Kunci untuk kesuksesan penididikan kejuruan adalah pada hubungan yang baik antara dunia kerja dan sekolah kejuruan. Lalu tekan kan bahwa kita learning by doing dan hands on experience.

Lalu apa yang menjadi tujuan diadakan hal diatas :

  •  Memahami masalah yang dihadapi dunia pendidikan kejuruan dengan DUDI.
  •  Mencoba mencari pemecahan masalah yang dihadapi dunia pendidikan kejuruan

Setelah ISHOMA kamipun menjanjutkan sharing sharingnya pada sesi ini kami dituntut untuk jujur dan saling bertukar pendapat agar kami bisa lebih terbuka. Lalu dari diskusi dan saling bertukar pendiapat mendapatkan solusi. Akhirnya apa yang dapat ditidaklanjuti sebagai solusi menurut aku yang harus dilakukan adalah seperti berikut :

  • Membenahi mulai dari diri sendiri, diri sendiri inilah yang pertama yang harus dibenahi mengapa demikian jika dari diri sendiri it sudah paham apa yang harus dilakukan maka element pertama dari dunia pedidikan aka terhubujng sehingga bisa menjkalankan tugas yang dapat diharapkan.
  • Lalu dari sisi orang tua sebisanya menjalin komunikasi dengan anak dan mendidik anaknya sejak dini untuk memiliki kepribadian yang sopan dan memiliki jiwa yang besar dan lebih terarah hidup karena orang tua merupakan orang terdekat dari seorang anak sehingga yang paling mengerti anak adalah orang tua itu sendiri.
  • Jika dari diri sudah dibenahi maka yang selanjutnya dadalah Siswa mengapa demikian. Siswa diharapkan untuk menyadari diri sendiri lalu cari bakat dan minat yang diinginkan lalu kembangkan. Lalu pahami apa tujuan dari masuk ke SMK dan siswa diharapkan bisa untuk lebih banyak belajar dan sering membaca jika sekolah dari siswa sudah menerapkan kurikulum 2013 karena pemerintah berharap agar murid lebih aktif walaupun nanti akan mematikan fungsi guru walau tidak semua fungsi dari guru akan mati.
  • Selanjutnya dari guru, mengapa guru juga. Nah guru diharapkan untuk lebih memerhatikan siswa tidak hanya mengajarkan apa yang sudah ada di kurikulum dan dengan lebih memerhatikan murid, guru bisa lebih mengetahui bagaimana cara agar siwsa dapat jadi lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar siswa. Lalu apakah ada yang perlu dikembangkan atau perlu dibenahi jika diperlukan guru baik guru produktif maupun non produktif untuk mengajari wirausaha agar nanti jika sudah lulus bisa terarah kemana murid itu akan bekerja sesuai dengan keinginan dari seorang murid

D.   Penutup

Oh… iya Mbah Suro menjelaskan demikian agar temen temen dari BLC maupun aku sendiri itu paham akan apa itu SMK, Jurusan, Sekolah, Dunia Kerja dan juga definisi dari kerja itu sendiri.(-_-)

Wassamu’alaikum Wr. Wb.

Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *