DailyLife Day 13 | Sharing Ilmu IT Bareng Pak Subuh Kurniawan | Mukti911

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

A.   Pendahuluan
Hari ini kami kedatangan seseorang yang hebat sekali beliau adalah Pak Subuh Kurniawan dari Lampung. Kami mendapatkan banyak ilmu dari beliau mengenai perkembangan teknologi, baik teknologi komputer maupun smarphone hingga perkembangan fitur fitur yang membantu keseharian manusia. Bukan, hanya itu saja beliau mengajarkan kami agar kami tidak menjadi seorang yang paham teknis dalam hal IT namun kami diberi gamabran bagaimana jika seorang Teknis dibidangnya tetap akan kalah jika disandingkan dengan seorang marketing. Maka dari itu kami di suruh untuk menjadi anak SMK yang siap berwirausaha. Namun yang bihin heran lagi sebenarnya Pak Subuh ini adalah seorang Guru, bukannya guru IT dia sebenarnya adalah Guru Bahasa Inggiris. Walaupun begitu beliau dalah hal bidang IT yang beliau ketahui patut ditiru.

Beliau datang ke BLC Telkom Klaten sebenarnya mau bertemu Mbah Suro Dhemit. Namun, disana beliau bertemu dengan kami yang sedang Prakerin di BLC Telkom Klaten. Kami pada saat itu sedang meng-krimping kabel UTP, lalu dari kami semua sama Mas Risky disuruh mengulang mengulang lagi karena beberapa dari kami masih kurang bagus dalam hal Krimping kabel. Nah, pada saat itu Pak Subuh langsung ikut menyaran kan pada kami bagaimana cara krimping kabel yang baik dan benar.Dan dari situ lah kami mulai bericara dengan beliau. 
B.   Waktu Pelaksanaan
Jam 08:45 – 12:35
C. Hal Yang Disampaikan
Pak Subuh pada saat itu memulai sharing dengan Tips mengenai crimping yang baik dan benar. Lalu beliau mulai membicarakan mengenai perkembangan Smartphone dan Komputer beserta hardware / perangkat yang ada didalamnya. Beliau juga menjelaskan bagaimana perbandingan antara perangkat perangkat yang dikembangkan pada saat ini. Setelah itu beliau juga membagikan kisah dimana tujuannya agar kami termotivasi untuk menjadi seseorang yang paham di bidang Teknis dan Marketing. Mengapa demikian karena seorang yang paham dibidang teknis akan tetap kalah dibandingkan seorang Marketing, karena seorang teknis berkarya membuat inovasi lalu jika mereka tidak mengerti tentang Marketing maka mereka mau tidak mau harus menjual / memberikan tawaran karya mereka ke seorang marketing. Beda cerita seorang marketing padahal ia tidak paham mengenai tentang teknis sesuatu namun ia dapat menyampaikan teknisnya walaupun hanya sekedar menjelaskan dan seorang marketing mampu untuk mencari peluang usaha dari karya karya seorang teknis. Hal itulah yang harus ditanamkan pada anak SMK agar mereka berjiwa wira usahawan.

Kami pun mendapatkan ilmu bagaimana sih kok Google yang itu itu aja kok dapat penghasilan yang tinggi. Whut.. jangan salah, seperti yang disampaikan Pak subuh. Iya sih pada awalnya Google memang hanyalah sebuah search engine bisa namun jika kalian penguna Google Search kalian pasti pernah mengalami apapun kecenderungan info yang kita cari di Google selalu tepat sasaran mengapa demikian karena Search engine google belajar dari query query masukan kita. Nah trus bagaimana google mendapat penghasilan yang pertama dan pastinya Google mendapat penghasilan dari Iklan, namun Google tidak itu saja google mendapatkan royalty dari berbagai Provider di seluruh dunia, mengapa demikian saat kita , mengakses Google kita membutuhkan paket data semakin orang membutuhkan Google maka butuh paket data pula. Itu masih dari Provider, namun ada lagi yang lebih menghasilkan dari hal hal diatas yaitu Google menjual data query yang telah Google kumpulkan saat kita mengunakan Google untuk apapun.

Setelah itu beliau bercerita tentang pengalamannya mengenai bagaimana kehidupannya di Lampung sana. Beliau selain menjadi Guru Bahasa inggris ia adalah seorang Pembimbing dari Organisasi Penyiar radio lokal. Disana beliau membimbing mereka agar tidak Gaptek ( Gagap Teknologi ) beliau mengajarkan mereka bagaimana menjadi penyiar radio yang baik dan pembicara yang baik. Selain itu beliau juga tergabung dalam Komunitas Hackintosh Indonesia. Dari semua itu sebenarnya masih banyak yang beliau sampaikan namun saya tidak dapat menjelaskannya semua

D.   Penutup
Oh… iya Selain itu pak subuh juga punya website yang beliau garap dengan anak didiknya disana, website yang dibuat sangatlah menarik dan mengandung banyak informasi bagi para peng-oprek sejati yaitu ngoprekbareng.web.id dan beliau juga punya chanel youtube edukasi kalian bisa cek link disini www.youtube.com/user/kurniawansubuh . Sekian carita dari saya ( -_- ).
Wassamu’alaikum Wr. Wb.


Posted

in

, ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *