Bash Shell Scripting | #Bash | Mukti911


A. Pendahuluan
Pada artikel kali ini aku membawakan topik baru untuk pemrograman. Nah topik itu adalah bahasa pemrograman BASH. Nah apa itu bash ?….. Apa untungnya bahasa ini dan apa yang bisa dia lakukan.

B. Latar Belakang
Karena bahasa pemrograman bash dapat digunakan untuk melakukan otomasi server.

C. Maksud & Tujuan
Agar dapat mengenal dan membuat kode awal bahasa pemrograman Bash.

D. Waktu Pelaksanaan

  • 10 Menit Tergantung individu masing masing.

E. Pembahasan
Nah sebelum kalian mulai belajar lebih lanjut tentang bahasa pemrograman bash pastikan dulu kalian sudah tahu sedikit mengenai linux. Untuk itu kalian bisa cari cari dulu mengenai Linux di artikel saya sebelumnya.

  • Bash adalah penerjemah bahasa perintah. Ini tersedia secara luas di berbagai sistem operasi dan merupakan penerjemah perintah standar pada sebagian besar sistem GNU / Linux. Namanya adalah akronim untuk ‘Bourne-Again SHell’.
  • Shell adalah prosesor makro yang memungkinkan eksekusi perintah interaktif atau non-interaktif.
  • Scripting memungkinkan eksekusi perintah otomatis yang seharusnya dijalankan secara interaktif satu per satu.

Apa itu Shell
Kemungkinan besar, Anda sedang duduk di depan komputer Anda, membuka jendela terminal dan bertanya-tanya: “Apa yang harus saya lakukan dengan benda ini?”
Nah, jendela terminal di depan Anda berisi shell, dan shell memungkinkan Anda dengan menggunakan perintah untuk berinteraksi dengan komputer Anda, sehingga mengambil atau menyimpan data, memproses informasi dan berbagai tugas sederhana atau bahkan sangat rumit.
Coba sekarang! Gunakan keyboard Anda dan ketik beberapa perintah seperti date, cal, pwd atau ls diikuti oleh tombol ENTER.

[mukti911@localhost ~]$ date
Tue Sep 25 23:04:44 WIB 2018
[mukti911@localhost ~]$ cal
   September 2018 
Su Mo Tu We Th Fr Sa
                   1
 2  3  4  5  6  7  8
 9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30                 
[mukti911@localhost ~]$ pwd
/home/mukti911
[mukti911@localhost ~]$ 

Apa yang baru saja Anda lakukan, adalah bahwa dengan menggunakan perintah dan shell Anda berinteraksi dengan komputer Anda untuk mengambil tanggal dan waktu saat ini (tanggal), mencari kalender (kal), memeriksa lokasi direktori kerja Anda saat ini (pwd) dan mengambil daftar semua file dan direktori yang terletak di dalam (ls).
Apa itu Scripting
Sekarang, bayangkan bahwa eksekusi semua perintah di atas adalah tugas harian Anda. Setiap hari Anda diminta untuk menjalankan semua perintah di atas tanpa gagal serta menyimpan informasi yang diamati. Dengan segera ini akan menjadi tugas yang sangat membosankan yang ditakdirkan untuk gagal. Dengan demikian gagasan yang jelas adalah memikirkan beberapa cara untuk menjalankan semua perintah yang diberikan bersama. Di sinilah scripting menjadi keselamatan Anda.
Untuk melihat apa yang dimaksud dengan scripting, gunakan shell dalam kombinasi dengan editor teks favorit Anda misalnya. vi untuk membuat file baru bernama task.sh yang berisi semua perintah di atas, masing-masing pada baris terpisah. Setelah siap, buat file baru Anda dieksekusi menggunakan perintah chmod dengan opsi + x. Terakhir, jalankan skrip baru Anda dengan mengawali namanya dengan ./.

[mukti911@localhost ~]$ nano mukti.sh
[mukti911@localhost ~]$ chmod +x mukti.sh 
[mukti911@localhost ~]$ ./mukti.sh 
Tue Sep 25 23:04:44 WIB 2018
   September 2018 
Su Mo Tu We Th Fr Sa
                   1
 2  3  4  5  6  7  8
 9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30                 
/home/mukti911

Seperti yang Anda lihat, dengan menggunakan scripting, interaksi shell apa pun dapat diotomatiskan dan di-skrip. Selanjutnya, sekarang dimungkinkan untuk secara otomatis menjalankan tugas skrip shell baru kami. Sh setiap hari pada waktu tertentu dengan menggunakan penjadwal waktu berbasis cron dan menyimpan output skrip ke file setiap kali dijalankan. Namun, ini adalah kisah untuk hari lain, untuk sekarang mari kita berkonsentrasi pada tugas di depan.

Apa itu Bash
Sejauh ini kami telah membahas shell dan scripting. Bagaimana dengan Bash? Di mana bash cocok? Seperti yang telah disebutkan, bash adalah penerjemah default pada banyak sistem GNU / Linux, sehingga kami telah menggunakannya bahkan tanpa disadari. Inilah sebabnya mengapa skrip shell kami sebelumnya bekerja bahkan tanpa kami mendefinisikan bash sebagai penerjemah. Untuk melihat apakah penerjemah default Anda menjalankan perintah echo $ SHELL:

$ echo $ SHELL
/ bin / bash

Ada berbagai penerjemah shell lain yang tersedia, seperti shell Korn, c shell dan banyak lagi. Dari alasan ini, adalah praktik yang baik untuk mendefinisikan juru bahasa shell untuk digunakan secara eksplisit untuk menginterpretasikan konten skrip.

Untuk mendefinisikan penerjemah skrip Anda sebagai Bash, pertama cari jalur lengkap ke biner yang dapat dieksekusi dengan menggunakan perintah mana, awali dengan shebang #! dan masukkan sebagai baris pertama skrip Anda. Ada berbagai teknik lain bagaimana mendefinisikan shell interpreter, tetapi ini adalah awal yang solid.

H. Hasil yang didapat

  • Mengetahui perbedaan diantara Bash, Shell, Scripting

I. Kesimpulan
jadi bash, shell dan scripting itu beda akan tetapi mereka saling berkaitan.

J. Referensi

  • https://www.gnu.org/software/bash/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Bash_(Unix_shell)

Posted

in

, , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *