Apa Sebenarnya Server ? Seluas Apakah Server..

A. Pendahuluan
Nah Guys disini aku akan menbahas hal baru yaitu Server? Dari Tutorial Ku dahulu aku hanya menjalasakan beberapa jenis server. Dan ternyata serever itu sendiri apa sebenarnya. 

B. Latar Belakang
Agar lebih tau apa itu sebenarnya server.

C. Maksud & Tujuan
Agar dapat menglasifikasi jenis jenis server.

D. Pembahasan

Nah jadi apa sebenarnya Server itu ?. Dalam komputasi, server adalah program komputer atau perangkat yang menyediakan fungsionalitas untuk program atau perangkat lain, yang disebut “klien”. Arsitektur ini disebut model client-server, dan satu komputasi keseluruhan didistribusikan di beberapa proses atau perangkat. Server dapat menyediakan berbagai fungsi, sering disebut “layanan”, seperti berbagi data atau sumber daya di antara beberapa klien, atau melakukan perhitungan untuk klien. 
Satu server dapat melayani beberapa klien, dan satu klien dapat menggunakan beberapa server. Proses klien dapat berjalan di perangkat yang sama atau dapat terhubung melalui jaringan ke server pada perangkat yang berbeda. Server umum adalah server basis data, server file, server email, server cetak, server web, server game, dan server aplikasi.
Sistem client-server saat ini paling sering diimplementasikan oleh (dan sering diidentifikasi dengan) model request-response: klien mengirim permintaan ke server, yang melakukan beberapa tindakan dan mengirim tanggapan kembali ke klien, biasanya dengan hasil atau pengakuan . Menunjuk komputer sebagai perangkat keras kelas server” menyiratkan bahwa itu khusus untuk menjalankan server di atasnya. 
Ini sering menyiratkan bahwa itu lebih kuat dan dapat diandalkan daripada komputer pribadi standar, tetapi alternatifnya, kelompok komputasi besar dapat terdiri dari banyak komponen server yang relatif sederhana dan dapat diganti.
Operasi
Jaringan yang didasarkan pada model client-server di mana beberapa klien individu meminta layanan dan sumber daya dari server terpusat Tegasnya, istilah server mengacu pada program atau proses komputer (menjalankan program). Melalui metonymy, ini merujuk pada perangkat yang digunakan untuk (atau perangkat yang didedikasikan untuk) menjalankan satu atau beberapa program server. Pada jaringan, perangkat semacam itu disebut host. Selain server, kata-kata melayani dan layanan (sebagai kata benda dan kata kerja) sering digunakan, meskipun pelayan dan pelayan tidak. Layanan kata (kata benda) dapat merujuk ke bentuk abstrak fungsionalitas, misalnya Layanan web. Atau, itu bisa merujuk ke program komputer yang mengubah komputer menjadi server, mis. 
Layanan Windows. Awalnya digunakan sebagai “server melayani pengguna” (dan “pengguna menggunakan server”), dalam arti “mematuhi”, hari ini orang sering mengatakan bahwa “server melayani data”, dalam arti yang sama seperti “memberi”. Sebagai contoh, server web “melayani halaman web ke pengguna” atau “melayani permintaan mereka”.
Server adalah bagian dari model client-server; dalam model ini, server menyajikan data untuk klien. Sifat komunikasi antara klien dan server adalah permintaan dan respons. Hal ini berbeda dengan model peer-to-peer di mana hubungan adalah timbal balik sesuai permintaan. Pada prinsipnya, setiap proses komputerisasi yang dapat digunakan atau dipanggil oleh proses lain (terutama dari jarak jauh, terutama untuk berbagi sumber daya) adalah server, dan proses atau proses pemanggilan adalah klien. 
Dengan demikian komputer tujuan umum yang terhubung ke jaringan dapat meng-host server. Misalnya, jika file di perangkat dibagi oleh beberapa proses, proses itu adalah file server. Demikian pula, perangkat lunak server web dapat berjalan di komputer apa pun yang mampu, sehingga laptop atau komputer pribadi dapat menghosting server web.
Sementara request-response adalah desain client-server yang paling umum, ada yang lain, seperti pola publish-subscribe. Dalam pola publikasi-langganan, klien mendaftar dengan server pub-sub, berlangganan jenis pesan tertentu; pendaftaran awal ini dapat dilakukan dengan permintaan-respons. Setelah itu, server pub-sub meneruskan pesan yang cocok ke klien tanpa permintaan lebih lanjut: server mendorong pesan ke klien, daripada klien menarik pesan dari server seperti dalam permintaan-respons.
Tujuan dari server adalah untuk berbagi data serta untuk berbagi sumber daya dan mendistribusikan pekerjaan. Komputer server dapat melayani program komputernya sendiri juga; tergantung pada skenario, ini bisa menjadi bagian dari transaksi quid pro quo, atau hanya kemungkinan teknis. Tabel berikut menunjukkan beberapa skenario di mana server digunakan.
Jenis server Tujuan Klien
  • Server aplikasi Menyelenggarakan aplikasi web (program komputer yang berjalan di dalam browser web) yang memungkinkan pengguna di jaringan untuk menjalankan dan menggunakannya, tanpa harus menginstal salinan di komputer mereka sendiri. 
  • Server katalog Menjaga indeks atau daftar isi informasi yang dapat ditemukan di jaringan terdistribusi besar, seperti komputer, pengguna, file yang dibagikan di server file, dan aplikasi web. Server direktori dan server nama adalah contoh server katalog. 
  • Server komunikasi Menjaga lingkungan yang dibutuhkan untuk satu titik akhir komunikasi (pengguna atau perangkat) untuk menemukan titik akhir lain dan berkomunikasi dengan mereka. 
  • Server komputasi Menghasilkan sejumlah besar sumber daya komputasi, terutama CPU dan memori akses acak, melalui jaringan. 
  • Server database Menjaga dan berbagi segala bentuk basis data (kumpulan data terorganisasi dengan properti yang telah ditentukan yang dapat ditampilkan dalam tabel) melalui jaringan. 
  • Server faks Membagi satu atau lebih mesin faks melalui jaringan, sehingga menghilangkan kerumitan akses fisik Setiap pengirim atau penerima faks
  • File server Membagi file dan folder, ruang penyimpanan untuk menyimpan file dan folder, atau keduanya, melalui jaringan Jaringan komputer adalah klien yang dituju, meskipun program lokal dapat menjadi klien
  • Server permainan Mengaktifkan beberapa komputer atau perangkat game untuk memainkan game multi-pemain Komputer pribadi atau konsol game
  • Server email Membuat komunikasi email mungkin dengan cara yang sama seperti kantor pos membuat komunikasi surat siput mungkin Pengirim dan penerima email
  • Server media
    Berbagi video digital atau audio digital melalui jaringan melalui streaming media (mentransmisikan konten dengan cara yang diterima bagian dapat ditonton atau didengarkan ketika mereka tiba, sebagai lawan mengunduh seluruh file dan kemudian menggunakannya) Komputer pribadi yang dihadiri pengguna dilengkapi dengan monitor dan pembicara
  • Server cetak Membagi satu atau lebih printer melalui jaringan, sehingga menghilangkan kerumitan akses fisik Komputer membutuhkan pencetakan sesuatu
  • Server suara Mengaktifkan program komputer untuk memutar dan merekam suara, secara individu atau secara bersama-sama Program komputer dari komputer dan klien jaringan yang sama.
  • Server proxy Berfungsi sebagai perantara antara klien dan server, menerima lalu lintas masuk dari klien dan mengirimnya ke server. Alasan untuk melakukannya termasuk kontrol konten dan penyaringan, meningkatkan kinerja lalu lintas, mencegah akses jaringan tidak sah atau hanya merutekan lalu lintas melalui jaringan yang besar dan kompleks. Komputer jaringan apa pun
  • Server virtual Membagi perangkat keras dan sumber daya perangkat lunak dengan server virtual lainnya. Itu hanya ada sebagaimana didefinisikan dalam perangkat lunak khusus yang disebut hypervisor. Hypervisor menghadirkan perangkat keras virtual ke server seolah-olah itu adalah perangkat fisik nyata. Virtualisasi server memungkinkan untuk infrastruktur yang lebih efisien. Komputer jaringan apa pun
  • Server web Menghosting halaman web. Server web adalah yang memungkinkan World Wide Web. Setiap situs web memiliki satu atau lebih server web. Komputer dengan browser web
  • Hampir seluruh struktur Internet didasarkan pada model client-server. 

Server nama tingkat akar, DNS, dan router tingkat tinggi mengarahkan lalu lintas di internet. 

E. Kesimpulan
Jadi jenis server itu didsasarkan pada klasifikasi service yang ada di server tersebut.


F. Referensi

  • https://whatis.techtarget.com/definition/server
  • https://www.lifewire.com/servers-in-computer-networking-817380
  • https://www.techopedia.com/definition/2282/server
  • https://www.webopedia.com/TERM/S/server.html

Posted

in

, ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *