Analisa Kebutuhan Server Untuk Lalu Lintas dan Aplikasi Jaringan Komputer

Analisa Kebutuhan Server Untuk Lalu Lintas dan Aplikasi Jaringan Komputer

Kebutuhan Server Untuk Lalu Lintas dan Aplikasi Jaringan Komputer

Analisa Kebutuhan

Server merupakan perangkat yang ditujukan untuk menyediakan sebuah layanan terhadap untuk perangkat lainya. Ada Server yang dapat  bekerja dengan berat, dan sebagian lainya bekerja dengan ringan. Tak semua keperluan server seharusnya dimaksimalkan sebisa mungkin, sebagian keperluan dapat diminimalisir untuk menghemat tarif. Lalu, apa saja yang seharusnya diperkirakan untuk mendapatkan server yang maksimal?

Aktifitas Pengunaan Server

kita semestinya tahu seberapa berat aktifitas yang dijalankan oleh server, apakah server akan menjalankan komputasi matematika yang kompleks? Apakah server cuma menyediakan konten? Apakah server berprofesi dengan keras sebagai penyedia jasa kriptografi? Sesudah mengenal aktifitas bisnis, kita dapat menetapkan keperluan hardware operasional dalam server kita, berapa clock rate yang diperlukan, jumlah RAM, jumlah penyimpanan data, dan lain-lain.

Hadware Pendukung Server

Hardware yang dimaksud yakni hardware yang bertujuan untuk memaksimalkan kinerja bisnis dengan server, seperti Router, Switch, dll. Pastikan, bahwa server kita dapat berprofesi sama dengan hardware lainya, pastikan bahwa port untuk koneksi antara peripheral satu dapat berprofesi dengan yang lainya.

Jumlah penguna server / User server

Setelah penentuaan aktifitas server, karenanya yang tak dapat lepas darinya ialah jumlah pengguna. Aktifitas penguna yang ringan mungkin membutuhkan mutu hardware yang rendah, melainkan dengan jumlah pengguna yang banyak, karenanya mutu hardware yang tinggi juga diperlukan.
Rumus Server yang optimal = ( Jumlah penguna * aktifitas yang dilakukan) * jumlah penguna
Untuk menerima spesifikasi yang minimal, jumlah pengguna dikalikan dengan rasio aktifitas yangdikakukan  yang diperlukan, sebab mereka saling berkaitan satu sama lain. Spesifikasi minimal hal yang demikian dikalikan dengan jumlah pengguna lagi untuk mmbuat margin antar spesifikasi minimal dan rata-rata operasional.

Titik Penyebaran Server

Server dengan pengguna yang tersebar mempunyai jarak yang berbeda-beda dalam mengirimkan data. Apabila titik penyebaran terlalu jauh, bukan tidak mungkin server sekunder yang lebih dekat wajib dihasilkan. Pembuatan server sekunder, dapat melakukan penyampaian data, kalau tidak dimungkinkan, karenanya optimalisasi hardware media pengiriman data wajib ditingkatkan, seperti memakai media kecepatan tinggi seperti kabel fiber, dan lain-lain.

Skalabilitas untuk jangka panjang

Sebuah struktur yang bagus yakni jikalau struktur tersebut tumbuh, dia tak perlu dibangun lagi dari permulaan. Server mesti bisa tumbuh dan berkembang layak dengan keperluan di masa akan datang. Penentuan skema jaringan, dan juga pembagian sumber daya yang ideal, alokasi cadangan yang ideal bisa membuat perkembangan server dengan mudah tanpa mesti mengubah yang sudah jadi.

Pemilihan sofware yang sesuai

Perlu di ingat bahwa hardware tak bisa berfungis tanpa software. Pemilihan software yang tepat juga dibutuhkan. Kita juga bisa menentukan aktifitas penguna yang dilaksanakan, apakah server berfungsi sebagai penyedia Web? Berarti, kita seharusnya menginstall software manajemen Web di server.
Bagaimana dengan pemilihan macam atau merk Web server? Pemilihan yang layak tergantung dari keperluan server, jika server melayani jutaan pelanggan tiap-tiap harinya dan jika mati sejenak bisa menyebabkan petaka, karenanya pemilihan merk software sebaiknya dilaksanakan sebaik mungkin untuk meminimalisir kerugian. Server seharusnya bisa dihandalkan untuk mengatasi jutaan pengguna
yang mengaksesnya.

Kesimpulan

Server seharusnya disesuaikan menurut keperluan kesesuaian dengan hardware jaringan yang lainya, aktifitas bisnis yang dilakukanya, jumlah pengguna yang dilayaninya, juga seharusnya dilengkapi dengan software yang mensupport daya kerja hardware secara maksimal, handal, dan terjamin.
Demikian Artikel – Analisa Kebutuhan Server Untuk Lalu Lintas dan Aplikasi Jaringan Komputer  Semoga artikel kali ini bermanfaat tunggu artikel ku berikut nya jika ingin bertanya tentang artikel diatas atau pun request artikel silahkan komen dibawah atau langsung email ke email saya iki.mukti@gmail.com. Terima kasih…

Posted

in

, ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *